Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Penjajakan Kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor yang dilaksanakan secara luring di Ruang Senat Gedung A UNIDA Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat (1/10). Penjajakan kerjasama ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP beserta jajaran, Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si beserta jajaran dan Dekan Fakultas yang ada di UNIDA Bogor serta Kepala DKPP Kota Bogor, Drs. Anas S. Rasmana, MM beserta jajaran.

Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP. dalam paparan diskusinya menyatakan bahwa terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) yang saat ini menjadi kewajiban bagi setiap universitas untuk menjalankannya dan program MBKM ini ada hibahnya sehingga pelaksanaannya sangat cepat dan UNIDA Bogor selaku perguruan akan selalu menyesuaikan diri agar tidak tertinggal dalam pengimplementasian MBKM tersebut dan dengan MBKM tersebut maka perguruan tinggi akan selalu dituntut untuk mengembangkan kerjasama baik dengan dunia insutri maupun instansi pemerintah yang seperti saat ini yaitu penjajakan kerjasama.

“Program-program yang ada dalam MBKM itu bisa dilaksanakan dengan mitra baik dari dunia industri maupun instansi pemerintahan. Dan ada kegiatan belajar di luar kampus sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih, dan saat ini mahasiswa di dorong untuk melaksanakan dan memanfaatkan kesempatan MBKM sehingga UNIDA Bogor dapat mencetak lulusan yang bertauhid serta berpengalaman yang nantinya siap dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya, dan tentunya penjajakan ini baiknya dibicarakan apa saja yang dapat dikerjasamakan antara UNIDA Bogor dengan DKPP Kota Bogor Perihal MBKM tersebut,” tutur Dr. Ir. Ristika Handarini, MP.

Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si. dalam paparannya menyatakan bahwa di UNIDA Bogor ada 7 fakultas dan Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor yang diantaranya ada Fakultas Pertanian (FAPERTA), Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi Islam (FEI), Fakultas Hukum (FH) serta Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor, yang dimana itu bisa mengimplementasikan kerjasama antara UNIDA Bogor dan DKPP Bogor.

“UNIDA Bogor juga memiliki lahan pertanian yang dapat dipakai praktikum di daerah Citeko Puncak dan itu nantinya dapat digunakan juga dalam kerjasama yang kita bahas ini,” tutur Ir. Himmatul Miftah, M.Si.

Kepala DKPP Kota Bogor, Drs. Anas S. Rasmana, MM. dalam pemaparannya menyatakan bahwa Kota Bogor dengan lahan yang sempit harus memiliki strategi yang masiv dan bagus yang dapat meningkatkan produksi pangan tetapi dengan model perkotaan sehingga Kota Bogor membuat program Bogor Berkebun yang di dalamnya tidak hanya pertanian akan tetapi ada perikanan dan pertenakannya juga yang diharapkan program tersebut dapat menjadi pariwisata di Kota Bogor.

“Tentu saja kegiatan Bogor Berkebun ini butuh kerjasama baik dari pelaksanaannya, penyuluhannya dan sebagai nya. UNIDA Bogor dan DKPP Kota Bogor bisa kerjasamakan apa saja lalu laksanakan prioritas yang dibutuhkan oleh DKPP Kota Bogor maupun oleh UNIDA Bogor,” tutur Drs. Anas S. Rasmana, MM.

Dekan FIPHAL UNIDA Bogor, H. Amar Maruf, Ir., M.Si. dalam pemaparannya menyatakan Kerjasama ini dapat dikaitkan dengan praktik magang untuk mahasiswa. Dan jika kedepannya jika DKPP Ingin meneliti suatu kehalalan pangan maka dapat dikerjasamakan dengan UNIDA Bogor karena di UNIDA Bogor banyak dosen ahli pangan halal

Kepala Unit Pelaksana Teknis Sarana dan Praktika (UPT SARTIKA), Raden Siti Nurlaela, A.Md.A.K., S.TP., M.TP. dalam paparannya menambahkan kampus UNIDA Bogor memiliki lab yang cukup untuk melaksanakan penelitian dan praktikum. Harapannya kedepannya dapat melayani dan dapat bekerjasama dengan DKPP Kota Bogor dalam penelitian-penelitian kedepannya.