Dalam menghadapi era kemajuan revolusi industri 4.0 Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (UGJ) melakukan kunjungan dalam rangka studi banding ke kampus bertauhid Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor  (12/03). Terkait dengan peningkatan Peringkat UNIDA Bogor pada tahun 2018 menjadi universitas terbaik ke-66 se-Indonesia berdasarkan penilaian Kemenristekdikti, peningkatan penilaian UNIDA terdiri dari beberapa aspek diantaranya aspek Inovasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kemahasiswaan. Kunjungan UGJ ke UNIDA merupakan kunjungan pertama sekaligus pelaksanaan penandatanganan MoU /nota kerjasama antara Rektor UNIDA bersama dengan Rektor UGJ dan dalam pengembangan pelaksanaan kerjasama yang dituangkan dalam bentuk Agreement yang ditandatangani langsung oleh masing-masing Dekan.

Rombongan UGJ berjumlah 20 orang yang terdiri dari Rektor beserta jajarannya, disambut dengan gelaran Inovasi hasil produk dari mahasiswa UNIDA serta hasil luaran penelitian Dosen UNIDA baik dalam bentuk buku ajar ataupun produk inovasi.

Sambutan hangat disampaikan oleh Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si yang menyampaikan paparan singkat tentang peningkatan penilaian UNIDA merupakan sebuah hasil dari kerja berjamaan dan keikhlasan dalam melaksanakan tugas. “Selamat datang untuk kelarga besar UGJ di UNIDA, dan semoga dengan silaturahmi ini dapat mempererat ukhuwah serta berkolaborasi dalam kebaikan, hal yang menjadi sebuah budaya dan kebiasaan baik di UNIDA dalam mencapai tujuan adalah ketika bekerja kita semua merupakan sebuah tim, bukan orang perseorangan atau biasa kami sebut disini sebagai kerja berjamaan yang menghasilkan sebuah keberkahan didalamnya," ungkapnya.

Salah satu studi yang ingin dipelajari UGJ adalah berkaitan dengan inovasi, beberapa produk inovasi dikenalkan oleh UNIDA kepada keluarga Besar UGJ, diantaranya produk inovasi makanan hasil produksi mahasiswa UNIDA seperti Kreasi Roti dan Minuman rosela yang berasal dari Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Pangan Halal UNIDA.

Rektor UGJ dalam sambutannya menyatakan begitu antusias untuk dapat berkunjung ke UNIDA yang Berawal dari keterpanaan kami ketika melihat pemeringkatan Universitas yang dilakukan oleh Kemenristekdikti, dimana terdapat nama Universitas Djuanda di jajaran ke-66 yang menurut kami begitu luar biasa, dan kami tergugah untuk dapat silaturahmi berkunjung ke UNIDA dengan dapat menggaliilmu serta mengkolaborasikan apa yang dapat dikerjasamakan demi peningkatan kualitas bersama, dan dapat memperoleh resep yang membuat UNIDA masuk kedalam seratus perguruan tinggi terbaik se-Indonesia.

“Bentuk silaturahmi yang terjalin sekarang diharapkan dapat membentuk kerjasama baik dari segi sharing pengetahuan serta pengalaman, dan pengembangan srtategi yang dilakukan UNIDA sehingga kami ingin belajar untuk dapat seperti UNIDA masuk kedalam peringkat 100 besar Universitas terbaik se-Indonesia,” tambah Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si selaku Rektor UGJ.

Dalam kegiatan kunjungan ini hadir pula Chancellor Universitas Djuanda Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH yang membagikan resep peningkatan serta kemajuan UNIDA seperti sekarang ini. “Resep kemajuan UNIDA adalah TAUHID, yaitu dengan menjalankan dan mengisi dan menetapkan tauhid dalam setiap organ tubuh kita, di mata terdapat tauhid, di telinga terdapat tauhid, di setiap langkah kita selalu ada tauhid, sehingga apapun yang kita lakukan dan rencanakan selalu Insya Allah diridhoi serta di berkahi oleh Allah SWT, serta tidak lupa semua kemajuan dan kesuksesan sekaran ini merupakan hasil dari doa orang tua kita bersama,” tuturnya.