Yayasan Pusat Peradaban Islam bekerja sama dengan Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor komitmen untuk bersama-sama memperkuat bidang ketauhidan. Pelaksanaan kerja sama ini ditandai dengan penandatangan MoU yang berlangsung di Ruang Senat, Kampus UNIDA Bogor pada Selasa (2/3).

Lebih jauh, kerja sama yang dilakukan diantaranya untuk penguatan kapasitas kelembagaan, implementasi tridarma perguruan tinggi dan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menuturkan, UNIDA Bogor sebagai perguruan tinggi yang mengusung tauhid, senantiasa menjadikan nilai-nilai tauhid sebagai pondasi kehidupan. Ada kesamaan antara Yayasan Pusat Peradaban Islam dengan UNIDA Bogor yang berada di bawah naungan Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI), yaitu nilai-nilai ketauhidan tersebut.

“Kita perlu mengembangkan beberapa kegiatan, khususnya kegiatan dakwah dan kegiatan penelitian sesuai dengan visi yang kita miliki. Di UNIDA, kita disini membangun sebuah lembaga yang diberi nama Lembaga Pengkajian dan Penerapan Tauhid. Saya harapkan ini bisa berjalan baik, dan terima kasih banyak atas kunjungan Ustadz Bactiar Natsir beserta rombongan, semoga Allah membalas segala kebaikan yang dilakukan," tuturnya.

Sementara itu, Ustadz Bachtiar Natsir, selaku Pembina Yayasan Pusat Peradaban Islam menyebutkan, kerja sama yang dijalin diharapkan dapat membawa keberkahan bagi kedua belah pihak. Maka dalam hal ini perlu adanya tindak lanjut yang nyata agar tujuan kerja sama yang sudah ditandatangani dapat terealisasikan dan dirasakan manfaatnya.

"Kehadiran kami kesini tentu dengan penuh rasa hormat dan rasa bangga, selain sebagai seorang muslim yang memang harus senantiasa memberikan yang terbaik, begitu juga sebagai sesama umat islam. Tapi lebih dari itu, ini adalah suatu pengabdian lain dalam bentuk ilmu yang terhitung jihad fii sabilillah. Momentum ini diharapkan bukan hanya sekedar MoU atau kontrak lainnya yang sering kali terjadi namun minim realisasi. Semoga diberkahi Allah SWT, kita di sini bersama semata-mata lillah apa yang bisa kita lakukan untuk UNIDA ,” tuturnya.

Turut hadir, Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, menyambut baik kerja sama yang dilakukan. Dalam sambutannya, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si mengatakan, kerja sama yang dibangun  merupakan bentuk komitmen antara kedua belah pihak untuk memperkuat nilai-nilai ketauhidan.

“Alhamdulillah pada hari ini kita menambah silaturahim, menjalin mitra untuk bekerja sama dengan Yayasan Pusat Pengembangan Peradaban Islam. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa memperkuat kita membangun peradaban tauhid, khususnya di Universitas Djuanda sebagai Kampus Bertauhid. Kita sudah secara bertahap menyiarkan tauhid di lingkungan kampus, yang mana sesuai dengan visi Universitas Djuanda menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia,” ujarnya.