Selenggarakan Rethorical Day, Mahasiswa Sains Komunikasi UNIDA dilatih Jago Public Speaking

Selenggarakan Rethorical Day, Mahasiswa Sains Komunikasi UNIDA dilatih Jago Public Speaking

Blog Single

Sabtu (22/06), Mahasiswa Sains Komunikasi angkatan 2017 Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas (UNIDA) Djuanda Bogor menggelar acara Rethorical Day yang bertajuk "How To Become a Great Public Speaker". Tidak hanya untuk mahasiswa UNIDA, acara ini juga dibuka untuk umum dengan jumlah peserta mencapai 200 orang.

Seminar ini menghadirkan istri dari Walikota Bogor Ny. Yane Ardian Bima Arya, (Ketua TP PKK Kota Bogor) serta mengundang Dr. Emilia Bassar, S.Sos, M.Si (Comunication Expert & Founder CPROCOM) sebagai narasumber yang dimoderatori oleh Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.AP (Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIDA Bogor).

Selain untuk menambah pengetahuan dan wawasan terkait public speaking, acara yang bertempat di aula gedung C UNIDA itu, merupakan salah satu program dari dosen mata kuliah Retorika dan Public Speaking untuk memenuhi tugas akhir semester 4.

“Sesuai dengan tema, yaitu How To Become a Great Public Speaker, acara ini memiliki tujuan untuk kami khususnya Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Retorika dan Public Speaking bisa lebih memahami cara berbicara di depan umum yang baik serta mampu mengimplementasikannya,” ujar Melyani Filtania selaku Ketua Pelaksana.

Melyani mengatakan, Ny. Yane Ardian Bima Arya dan Dr. Emilia Bassar, S.Sos, M.Si merupakan sosok public speaker yang memang sudah handal serta berpengalaman.  Para peserta selain dibekali dengan materi dan teori, juga sekaligus diberikan praktik langsung oleh narasumber.

Turut hadir dosen pengampu mata kuliah Retorika dan Public Speaking Ike Atikah Ratnamulyani, S.Sos., MM., M.Si memberikan sambutan. Dalam sambutannya tersebut, Ike Atikah Ratnamulyani, S.Sos., MM., M.Si menyampaikan terima kasih kepada para narasumber dan memberikan apresiasi kepada para mahasiswa khususnya para panitia yang menyelenggarakan kegiatan seminar ini.

“Saya bangga sekali kepada para mahasiswa khususnya kepada para panitia yang sudah bekerja sama menyelenggarakan acara dengan mengundang narasumber-narasumber yang sangat kompeten di bidangnya. Juga saya sampaikan terima kasih kepada Ny. Yane dan Ibu Emilia yang sudah berkenan hadir menyempatkan waktu untuk berbagi ilmunya bersama kami disini,” tuturnya.

Sebagai pembicara pertama, Dr. Emilia Bassar, S.Sos, M.Si, bercerita mengenai pengalamannya sebagai comunication expert yang bekerja di bidang Public Relations selama lebih dari 17 tahun di berbagai lembaga. Pada kesempatan itu juga, Dr. Emilia Bassar, S.Sos, M.Si, memberikan pelatihan teknik vocal, senam wajah dan beberapa tips untuk mengasah ketrampilan berbicara di depan umum yang baik.

Sementara itu, Ny. Yane Ardian Bima Arya menyampaikan dalam pemaparan materinya bahwa kunci dari keberhasilan berbicara di depan umum yaitu diantaranya selain harus adanya kepercayaan diri, juga pembicara harus menjadi dirinya sendiri, serta pemahaman materi yang baik yang harus dimiliki dan tidak takut gagal.

“Dalam berbicara di depan publik, hal yang pertama yang harus dimiliki adalah harus percaya diri, jangan takut gagal atau takut dipermalukan. Kegagalan menjadikan kita untuk dapat mengevaluasi kesalahan dan memperbaiki itu.” Ujar istri Walikota Bogor tersebut.

Related Posts: