UNIDA Bogor Laksanakan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0

UNIDA Bogor Laksanakan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0

Blog Single

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor memberikan sosialisasi Instrumen Akreditsi Program Studi (APS) 4.0  kepada Pimpinan Fakultas (21/08). Bertempat di ruang pascasarjana UNIDA kegiatan sosialisasi terbagi menjadi dua sesi, untuk sesi pertama difokuskan pada penyampaian pendahuluan serta pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) yang disampaikan langsung oleh Direktur LPM UNIDA Arti Yoesdiarti, SP., MM dan M. Komarudin, SE. Sy., MA selaku kepala bidang penjamin mutu eksternal UNIDA dan sesi kedua berfokus pada pengisian lembar evaluasi diri.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor UNIDA Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berlangsng dengan lancar serta antusiasme peserta yang berasal dari fakultas sangat antusias, karena sosialisasi instrumen akreditasi ini merupakan kegiatan yang penting dan harus diperhatikan untuk peningkatan kualitas fakultas serta program studi dari berbagai aspek.

"Akreditasi bukan lagi sebuah kewajiban yang harus dijalankan Universitas, namun akreditasi sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dilaksanakan oleh setiap Universitas guna meningkatkan kualitas pembelajaran ataupun pelayanan dalam setiap proses diranah program studi khususnya," ujar Rektor UNIDA dalam sambutan.

Akreditasi diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

“Saya mengajak bapak dan ibu semua untuk dapat lebih fokus dan serius dalam mempersiapkan segala kebutuhan akreditasi dengan harapan luaran berupa lulusan dari UNIDA benar-benar dapat bermanfaat dan mampu menjadi penggerak dalam masyarakat, untuk itu mari kita kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan bekerja secara berjamaah untuk mempersiapkan lulusan yang nantinya akan menjadi penerus kita dalam membangun Indonesia di masa mendatang," tambahnya dalam sambutan.

Akreditasi sangat diperlukan untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi, dimana setiap perguruan tinggi harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusannya dan dapat menjamin tentang proses belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebut, dan sebagai acuan untuk memberikan informasi tentang sudah siapnya suatu perguruan tinggi tersebut dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah (kemendiknas) dalam tahap proses globalisasi pendidikan untuk daya saing secara global dimasa datang.

Arti Yoesdiarti, SP., MM selaku Direktur LPM UNIDA berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini akan semakin meningkatkan mutu akreditasi serta terciptanya lulusan yang berdaya saing tinggi.

“Semoga dengan adanya kegiatan soisalisasi APS 4.0 ini setiap fakultas dan program studi dapat berbenah untuk senantiasa memperbaiki diri dan menyiapkan program kerja agar dapat mencapai targetnya. Akreditasi adalah sarana untuk menjaga kualitas, bukan sekedar hajat melainkan perbaikan mutu secara berkelanjutan, sehingga pada akhirnya tercapai lulusan berdaya saing tinggi," pungkasnya.

Related Posts: