UNIDA Bogor Upayakan Peningkatan Publikasi melalui Workshop yang Bertajuk “Scientific and Academic Writing Workshop”

UNIDA Bogor Upayakan Peningkatan Publikasi melalui Workshop yang Bertajuk “Scientific and Academic Writing Workshop”

Blog Single

Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Workshop yang bertajuk “Scientific and Academic Writing Workshop” dalam rangkaian kegiatan Seminar Internasional UNIDA diantaranya 2nd ICIESH, 3rd ICAS dan 3rd ICSS yang bertempat di Gedung C Universitas Djuanda Bogor (25/07). Diisi oleh narasumber Dr. Ismi Rajiani, MM. dari Universitas Muhammadiyah Gersik.

Acara ini terbagi menjadi dua sesi, yang pertama yaitu workshop dan yang kedua yaitu sesi coaching clinic. Acara ini menjadi agenda tahunan dan diharapkan dapat memberikan motivasi kepada seluruh dosen agar lebih siap lagi dalam publikasi dan workshop ini juga dalam rangkaian kegiatan untuk meningkatkan publikiasi yang targetnya meningkat 20?ri sebelumnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjadikan dosen lebih handal dalam menulis dan bisa menorehkan prestasi di dunia internasional sehingga visi universitas yaitu menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dapat segera tercapai. Seperti yang disampaikan Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. selaku Rektor Universitas Djuanda Bogor dalam sambutannya.

“Acara ini bukan merupakan acara insidental tetapi merupakan kegiatan tahunanan yang diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para peserta untuk lebih siap lagi dalam publikasi. Dan acara ini juga masuk dalam rangkaian kegiatan untuk peningkatan publikasi universitas yang targetnya naik 20% serta bertujuan agar dosen lebih handal dalam menulis sehingga dapat menorehkan prestasi internasional yang dapat mempercepat pencapaian visi universitas riset yang menyatu dalam tauhid,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini peserta mendapatkan banyak informasi mengenai publikasi seperti dalam hal menulis, memilih judul penelitian yang tepat dan menarik, serta dosen atau penulis harus memperhatikan apa saja yang perlu dipikirkan sebelum menulis yang diantaranya yaitu apakah itu baru dan apakah itu menarik?; apakah topik yang akan ditulis sedang hangat?; apakah itu sebuah solusi dari permasalahan yang dibahas?; apakah penulis sudah siap dalam hal mental dan materi?; Seperti materi yang disampaikan oleh Dr. Ismi Rajiani, MM. selaku narasumber.

“Sebagai penulis kita perlu berpikir sebelum menulis dan memerhatikan beberapa hal. Beberapa hal itu yaitu apakah hal yang akan dibahas merupakah sebuah hal yang baru dan apakah itu menarik? Hal itu perlu kita pikirkan karena sangat penting untuk dipikirkan sebelum menulis. Selanjutnya apakah itu merupakan topik yang sedang hangat? Sebagai penulis kita harus mencari hal-hal yang sedang terjadi dan sedang hangat. Harus juga memikirkan apakah itu memberikan solusi? Dan yang terakhir apakah kita sudah siap mental dan materi karena dalam hal publish itu memerlukan biaya yang tidak murah,” tuturnya.

Rangkaian kegiatan selanjutnya akan diadakannya seminar Internasional 2nd International Conference Of Current Issues In Educations, Economics, Social Science And Humanities (2nd ICIESH) yang berlangsung di Hotel Onih Kota Bogor yang diikuti oleh para peneliti UNIDA dan peneliti Perguruam Tinggi lain, luar dan dalam negeri

Related Posts: