UNIDA laksanakan Pancadarma bersama Centro Da Comunidade islamica De Timor Leste

UNIDA laksanakan Pancadarma bersama Centro Da Comunidade islamica De Timor Leste

Blog Single

Lembaga Islam Timor Leste  yang bernama Centro Da Comunidade islamica De Timor Leste  (CENCISTIL) bekerjasama dengan Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dalam upaya peningkatan pendidikan dan peningkaatan kualitas kelembagaan (23/7). Pendidikan merupakan faktor utama bagi kemajuan suatu bangsa dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin pesat, Era Revolusi Industri 4.0 yang menuntut seluruh insan untuk dapat memiliki pengetahuan yang luas dan keterampilan yang mempuni membuat setiap insan dituntut untuk dapat memenuhi standar kehidupan dalam persaingan global dunia. Kerjasama ini bertujuan sebagai salah satu langkah dalam penguatan kelembagaan. Salah satu implementansi dari kerjasama ini yaitu Universitas Djuanda akan memberikan beasiswa bagi masyarakat Timor Leste  untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.  Kegiatan yang dilakasanakan di ruang rapat sekolah pascasarjana UNIDA  dihadiri oleh seluruh pimpinan UNIDA yang terdiri dari Chanchellor, Rektor, Wakil Rektor, Direktur, dan para Dekan Fakultas. 

Hubungan Indonesia dengan Timor Leste  sangat erat bahkan di ibaratkan seperti adik dan kakak yang satu sama lain saling mendukung dan memberikan kontribusi bagi kemajuan keduanya

Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si  selaku Rektor UNIDA menyampaikan dalam sambutannya bahwa “Dalam pelaksanaan MoU ini diharapkan dapat menjalin kerjasama khususnya dalam pelaksanaan pancadarma, UNIDA yang saat ini masuk dalam 100 Perguruan Tinggi terbaik se-Indonesia tepatnya ke-66 dari 2010 Perguruan Tinggi non politeknik dan non vokasi.”

Dalam kesempatan ini pula Rektor UNIDA berkesempatan memperkenalkan jajarannya serta kemajuan yang telah  diraih UNIDA dalam beberapa tahun. 

“Prestasi yang melimpah sudah diraih oleh UNIDA baik dalam bidang Riset, Kegiatan Kemahasiswaan, dan bidang lainnya. UNIDA sebagai Perguruan Tinggi berkomitmen menjadikan Tauhid sebagai dasar dalam adab kehidupan bertauhid dengan menanamkan 21 karakter Tauhid yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dikampus.” Tambahnya.

Silaturahmi ini juga memberikan manfaat serta kemaslahatan bagi kemajuan umat Islam Timur Leste dalam memperkuat serta menambah kompetensi keilmuan yang nantinya dapat diamalkan dalam kehidupan. 

“Merupakan momentum yang sangat berharga dan kedatangan ini membuka jalan dan kesempatan bagi masyarakat muslim Timor Leste  agar dapat mengenyam Pendidikan Tinggi yang lebih baik, untuk kemajuan islam dan dakwah islam di bumi Timor Leste , sebagaimana kita ketahui Timor Leste  merupakan negara sekuler yang memberikan kesempatan kepada semua agama untuk dapat tumbuh dan berkembang di Timor Leste , untuk itu sudah sepantasnya kami mengkader umat muslim yang berkualitas dan UNIDA merupakan tempat yang tepat untuk para kader kami memperolehpendidikan tinggi dalam upaya memajukan islam di bumi imor Leste kedepannya.” Tutur Arif Abdullah Sagran selaku Presidente CENCISTIL.

Chancellor UNIDA Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menyampaikan betapa terdapat kedekatan persaudaraan antara Indonesia dan Timor Leste , terlepas dari berpisahnya Timor Leste  dari Indonesia namun tidak mempengaruhi persaudaraan kita khususnya untuk umat Islam di Timur Leste selaku saudara se-Iman.

“Sebaiknya kita saling bahu-membahu membantu untuk kemajuan Timor Leste  dan sudah seharusnya kita ikut berperan aktif dalam melindungi Timor Leste  khususnya masyarakat minoritas muslim disana yang pada faktanya bersaudara dengan Indonesia,” tuturnya.

Saat ini sudah ada calon mahasiswa Magister Administrasi Publik yang telah mendaftar yang berasal dari Timor Leste . Besar Harapan di tahun mendatang akan semakin banyak masyarakat Timor Leste  untuk melanjutkan pendidikan baik strata 1 dan strata 2 di Universitas Djuanda.

Related Posts: