Assalamualaikum Wr.wb.
Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia iman dan Islam bagi kita. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW., kepada keluarga, para sahabat serta pengikutnya sampai akhir zaman perubahan. PembaharuanVisi Universitas Djuanda Bogor dari “Menjadi universitas berkualitas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang menyatu dalam tauhid” menjadi “Menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia” pada hakekatnya merupakan perjalanan hijrah dari teaching university ke research university, dari kecenderungan penelitian akademik (curiousity driven research) ke penelitian untuk menjawab permasalahan nyata (goal-oriented research). Dengan demikian, pendidikan merupakan proses pembelajaran produktif yang mengubahsuaikan gagasan menjadi temuan untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Visi baru ini telah mengantarkan Universitas Djuanda Bogor pada peringkat ke-49 dalam hal riset di tahun 2019 dan menempatkan Universitas Djuanda Bogor pada kluster Utama. Berdasarkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi terbaik oleh Ristekdikti tahun 2019, Universitas Djuanda Bogor berada pada peringkat ke-60 dari 2.141 perguruan tinggi negeri dan swasta nonpoliteknik (non vokasi) seluruh Indonesia dan termasuk kelompok/cluster 2 (dua). Di samping itu hasil pemeringkatan kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat berada pada peringkat 40 dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia atau peringkat ke 16 dalam cluster Sangat Baik. Prestasi kemahasiswaan menempati peringkat ke-51 dari perguruan tinggi non vokasi seluruh Indonesia.
Dengan misi
”Menyelenggarakan Pancadarma Pendidikan Tinggi berkualitas dan modern yang
meliputi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Profesionalitas dan Ketauhidan untuk mendorong terwujudnya lulusan yang
cerdas intelektual, spiritual, emosional, sosial, dan
adversity; berkompeten; berjiwa wirausaha yang bermanfaat bagi masyarakat dan
bangsa; serta menjadi rahmatan lil ‘alamin, Insya Allah Visi Universitas
Djuanda dapat terwujud. Sebagaimana diketahui bahwa kuantitas bukan lagi menjadi indikator utama bagi
perguruan tinggi dalam mencapai kesuksesan, melainkan kualitas lulusannya.
Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 perguruan tinggi perlu melakukan
reorientasi kurikulum agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. Kurikulum
harus mengacu pada pembelajaran dalam teknologi informasi internet of things,
big data, coding, komputerisasi serta entrepreneurship dan internship
sehingga menghasilkan lulusan yang terampil dalam aspek literasi data, literasi
teknologi dan literasi manusia. Salah satu program
dalam upaya
mencapai visi universitas menjadi universitas riset yang
menyatu dalam tauhid dan diakui dunia, saat ini
Universitas Djuanda Bogor memiliki mahasiswa dari mancanegara yaitu Korea, Thailand, Malaysia dan Yaman.
Riset merupakan “master
key” untuk mengungkap ayat-ayat kauniyah, menghasilkan banyak temuan
baru (new invention) dan menghasilkan banyak inovasi. Temuan baru akan
memperkaya kerangka ilmu pengetahuan (body of knowledge) melalui seminar
ilmiah, publikasi pada jurnal ilmiah nasional dan jurnal ilmiah internasional
bereputasi, dan pada gilirannya akan bermuara terbitnya
buku ajar dan
pemutakhiran metode, media dan sistem pembelajaran. Inovasi yang dihasilkan
dapat meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat dan bangsa. Universitas Djuanda Bogor
telah memiliki 18 jurnal online yang dikelola di tingkat Universitas
dan Program Studi. Berdasarkan
Sinta – Science and Technology Index Kementerian Riset, Teknologi dan
Pendidikan Tinggi, dari 18 jurnal tersebut diantaranya Terakreditasi Sinta 3
sebanyak 1(satu) jurnal, Terakreditasi Sinta 4 sebanyak 9 (sembilan) jurnal,
Terakreditasi Sinta 5 sebanyak 4(empat) jurnal, Terakreditasi Sinta 6 sebanyak
2(dua) jurnal dan sisanya masih dalam prosen akreditasi. Sistem tata
kelola Universitas Djuanda Bogor dijalankan dengan prinsip Good University Governance
(Fairness, Accountability, Responsibility, dan Transparancy) dan mengimplementasikan 21 nilai-nilai
ketauhidan yang berasal dari nilai-nilai Rosulullah SAW, nilai-nilai karakter
Indonesia, nilai-nilai kebudayaan lokal Sunda, dan nilai-nilai karakter khas Universitas Djuanda Bogor.
Nilai-nilai yang berasal dari teladan Rosulullah adalah Shidiq, Amanah,
Fathonah, Tabligh dan Istiqomah.
Nilai-nilai dari budaya Indonesia yakni Tanggon, Tangguh, Tanggap, Terampil dan
Trengginas. Nilai-nilai dari kebudayaan lokal Sunda: cageur, bageur,
pinter, bener
dan singer. Nilai-nilai budaya kerja Universitas Djuanda Bogor yakni: awareness,
responsibility, participation, creativeness dan adversity.
Nilai-nilai
tersebut secara bertahap dan konsisten membentuk
budaya organisasi berakhlak karimah, dan menjunjung tinggi nilai-nilai bersih, transparan dan profesional. Nilai ketauhidan yang ke 21 adalah jihad. Karakter
jihad yang dimaksud adalah kerelaan dalam membela agama, bangsa, negara, dan
profesionalitas.
Dunia
pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar dalam pengembangan
sumberdaya manusia yang unggul di segala bidang di tengah derasnya arus
globalisasi. Universitas Djuanda Bogor hadir untuk menjawab tantangan dunia
pendidikan tersebut dengan mengibarkan bendera “Kampus Bertauhid”.
Universitas Djuanda Bogor berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten
guna menyiapkan para pemimpin masa depan yang cerdas intelektual, emosional,
sosial dan spiritual.
Wassalamualaikum Wr.wb.