Assalamualaikum Wr.wb.

Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia iman dan Islam bagi kita. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW., kepada keluarga, para sahabat serta pengikutnya sampai akhir zaman perubahan. PembaharuanVisi Universitas Djuanda Bogor dari “Menjadi universitas berkualitas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang menyatu dalam tauhid” menjadiMenjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia” pada hakekatnya merupakan  perjalanan hijrah dari teaching university ke research university, dari kecenderungan penelitian akademik (curiousity driven research) ke penelitian untuk menjawab permasalahan nyata (goal-oriented research). Dengan demikian, pendidikan merupakan proses pembelajaran produktif yang mengubahsuaikan gagasan menjadi temuan untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Visi baru ini telah mengantarkan Universitas Djuanda Bogor pada peringkat ke-49 dalam hal riset di tahun 2019 dan menempatkan Universitas Djuanda Bogor pada kluster Utama. Berdasarkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi terbaik oleh Ristekdikti tahun 2019, Universitas Djuanda Bogor berada pada peringkat ke-60 dari 2.141 perguruan tinggi negeri dan swasta nonpoliteknik (non vokasi) seluruh Indonesia dan termasuk kelompok/cluster 2 (dua). Di samping itu hasil pemeringkatan kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat berada pada peringkat 40 dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia atau peringkat ke 16 dalam cluster Sangat Baik. Prestasi kemahasiswaan menempati peringkat ke-51 dari perguruan tinggi non vokasi seluruh Indonesia.


Dengan misi ”Menyelenggarakan Pancadarma Pendidikan Tinggi berkualitas dan modern yang meliputi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Profesionalitas dan Ketauhidan  untuk mendorong terwujudnya lulusan yang cerdas intelektual, spiritual, emosional, sosial, dan adversity; berkompeten; berjiwa wirausaha yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa; serta menjadi rahmatan lil ‘alamin, Insya Allah Visi Universitas Djuanda dapat terwujud. Sebagaimana diketahui bahwa kuantitas bukan lagi menjadi indikator utama bagi perguruan tinggi dalam mencapai kesuksesan, melainkan kualitas lulusannya. Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 perguruan tinggi perlu melakukan reorientasi kurikulum agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. Kurikulum harus mengacu pada pembelajaran dalam teknologi informasi internet of things, big data, coding, komputerisasi serta entrepreneurship dan internship sehingga menghasilkan lulusan yang terampil dalam aspek literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Salah satu program dalam upaya mencapai visi universitas menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia, saat ini Universitas Djuanda Bogor memiliki mahasiswa dari mancanegara yaitu Korea, Thailand, Malaysia dan Yaman. 


Riset merupakan “master key” untuk mengungkap ayat-ayat kauniyah, menghasilkan banyak temuan baru (new invention) dan menghasilkan banyak inovasi. Temuan baru akan memperkaya kerangka ilmu pengetahuan (body of knowledge) melalui seminar ilmiah, publikasi pada jurnal ilmiah nasional dan jurnal ilmiah internasional bereputasi, dan pada gilirannya akan bermuara terbitnya buku ajar dan pemutakhiran metode, media dan sistem pembelajaran. Inovasi yang dihasilkan dapat meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat dan bangsa. Universitas Djuanda Bogor telah memiliki 18 jurnal online yang dikelola di tingkat Universitas dan Program Studi. Berdasarkan Sinta – Science and Technology Index Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dari 18 jurnal tersebut diantaranya Terakreditasi Sinta 3 sebanyak 1(satu) jurnal, Terakreditasi Sinta 4 sebanyak 9 (sembilan) jurnal, Terakreditasi Sinta 5 sebanyak 4(empat) jurnal, Terakreditasi Sinta 6 sebanyak 2(dua) jurnal dan sisanya masih dalam prosen akreditasi. Sistem tata kelola Universitas Djuanda Bogor dijalankan dengan prinsip Good University Governance (Fairness, Accountability, Responsibility, dan Transparancy) dan mengimplementasikan 21 nilai-nilai ketauhidan yang berasal dari nilai-nilai Rosulullah SAW, nilai-nilai karakter Indonesia, nilai-nilai kebudayaan lokal Sunda, dan nilai-nilai karakter khas Universitas Djuanda Bogor. Nilai-nilai yang berasal dari teladan Rosulullah adalah Shidiq, Amanah, Fathonah, Tabligh dan Istiqomah. Nilai-nilai dari budaya Indonesia yakni Tanggon, Tangguh, Tanggap, Terampil dan Trengginas. Nilai-nilai dari kebudayaan lokal Sunda: cageur, bageur, pinter, bener dan singer. Nilai-nilai budaya kerja Universitas Djuanda Bogor yakni: awareness, responsibility, participation, creativeness dan adversity. Nilai-nilai tersebut secara bertahap dan konsisten membentuk budaya organisasi berakhlak karimah, dan menjunjung tinggi nilai-nilai bersih, transparan dan profesional. Nilai ketauhidan yang ke 21 adalah jihad. Karakter jihad yang dimaksud adalah kerelaan dalam membela agama, bangsa, negara, dan profesionalitas.


Dunia pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar dalam pengembangan sumberdaya manusia yang unggul di segala bidang di tengah derasnya arus globalisasi. Universitas Djuanda Bogor hadir untuk menjawab tantangan dunia pendidikan tersebut dengan mengibarkan bendera “Kampus Bertauhid”.  Universitas Djuanda Bogor berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten guna menyiapkan para pemimpin masa depan yang cerdas intelektual, emosional, sosial dan spiritual.

Wassalamualaikum Wr.wb.