5 Fitur Google Search yang Jarang Diketahui

5 Fitur Google Search yang Jarang Diketahui

Blog Single

Google merupakan mesin pencari terpopuler saat ini. Banyak hal yang orang-orang cari melalui Google. Mulai dari berita, skor pertandingan sepak bola, definisi istilah tertentu, hingga produk belanja online. Google menjadi tempat orang-orang dalam menggantungkan pencarian informasi.

Melansir Oberlo, pada tahun 2020 lalu, trafik Google Search rata-rata mencapai 3,5 miliar per harinya. Namun, tahukah kamu ada beberapa fitur tersembunyi di Google yang menarik untuk dicoba.

Beberapa di antaranya juga cukup berguna untuk aktivitas sehari-hari. Apa saja fitur tersebut? Berikut fitur Google Search yang jarang diketahui orang.

Stopwatch / Timer

Mendadak butuh timer atau stopwatch saat sedang bekerja di depan komputer? Tidak perlu meraih jam atau ponsel untuk membuka aplikasi stopwatch.

Kamu bisa menggunakan stopwatch dan timer langsung dari mesin pencarian Google. Caranya cukup mudah. Masukan kata kunci "stopwatch" atau "timer" di kolom pencarian Google. Klik "stopwatch" jika butuh menghitung lama durasi atau pilih "timer" untuk memberi batas waktu untuk sesuatu.

Kamu bisa mengatur waktu yang dibutuhkan dengan cara mengklik angka, kemudian sesuaikan waktu yang dikehendaki. Jika waktu telah habis, akan ada suara alarm berbunyi sebagai penanda.

Pencarian Domain

Biasanya, ketika kita mencari suatu isu di Google Search, hasil pencarian akan menyodorkan aneka macam situs yang berkaitan dengan kueri pencarian. Hal itu cukup membingungkan jika ingin memperoleh informasi dari situs tertentu, misalnya saja situs pemerintah.

Namun jangan khawatir, ada cara untuk mengakalinya. Cukup tambahkan "site: (domain)" di depan kata kunci. Sebagai contoh, ingin mencari informasi terkait corona dari pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta, maka kueri yang dimasukan ke Google Search adalah "site:go.id corona Jakarta". Kemudian, pencarian teratas yang muncul adalah situs resmi dari pemerintah DKI Jakarta terkait corona. Mudah bukan?

Mencari IP Address

Jika kamu tiba-tiba memerlukan alamat IP untuk suatu keperluan, tidak perlu bingung. Kamu bisa mengetahui alamat IP lewat Google Search dengan memasukan kata kunci "my ip" atau "what is my ip". Lalu, Google akan langsung memberi tahu IP address yang kamu butuhkan.

Mencocokan Zona Waktu

Saat pandemi, banyak karyawan di perusahaan asing yang harus mencocokan jadwal dengan koleganya di luar negeri. Perbedaan zona waktu sering menjadi kendala untuk melakukan pertemuan virtual.

Misalnya, kolega meminta pertemuan virtual pukul 10.00 waktu Amerika Serikat. Tidak perlu repot-repot menghitung selisih waktu untuk menyesuaikan jadwal di Indonesia. Cukup masukan kata kunci seperti "US time 10am". Google akan langsung memberikan waktu di lokasi kamu berada.

Trivia dan Games

Jika merasa bosan dengan informasi yang beredar, tidak ada salahnya mencari hiburan di Google Search. Cobalah memasukan kata kunci "fun facts" di kolom pencarian Google. Nantinya, Google akan memberikan beberapa informasi singkat berupa trivia acak tentang informasi apapun. Informasi tersebut dapat berupa sejarah suatu benda, tempat, tokoh, hingga pengetahuan astronomi.

Di bawah trivia, terdapat link yang mengarahkan pengguna untuk menggali lebih dalam tentang informasi tersebut. Belum cukup? Tenang, di bawah trivia terdapat beberapa games ringan pelepas penat.

 Cukup klik anak panah ke bawah dan akan muncul deretan games ringan seperti Snakes, Tic tac toc, Solitaire, Pac-man, dan beberapa lainnya. Cukup bukan sebagai hiburan sesaat di kala penat?

Muhammad Iqbal Mawardi . March 12, 2021

Related Posts: