Agar Pekerjaan Cepat Beres, Gunakan Artificial Intelligence

Agar Pekerjaan Cepat Beres, Gunakan Artificial Intelligence

Blog Single

Bogor - Berkat kemajuan teknologi dan informasi, saat ini Anda dapat menikmati beberapa perangkat lunak yang dapat mempermudah kegiatan sehari-hari. Sebut saja Siri, Alexa, hingga Watson yang diusung oleh perangkat smartphone dan kini telah banyak beredar di pasaran.

Teknologi tersebut dikenal dengan istilah Artificial Intelligence (AI). Berkat canggihnya AI tersebut saat ini kegiatan sehari-hari lebih dipermudah.

Namun kehadiran AI juga diibaratkan pisau bermata dua yang juga menghadirkan ancaman bagi tenaga kerja di seluruh dunia. Hadirnya AI membuat kegiatan yang semula dapat dilakukan secara konvensional menjadi lebih terkomputerisasi dengan menawarkan ketepatan dan kecepatan.

Tapi, hidup adalah pilihan. Begitu juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari, salah satunya urusan pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan AI untuk menunjang pekerjaan.

Lalu, kenapa AI ini bisa mempermudah dan mempercepat Anda dalam melakukan pekerjaan? Simak ulasan berikut ini

1. AI Bisa Merespons dengan Cepat dan Tepat

Artificial Intelligence bisa membuat pekerjaan yang dilakukan cepat selesai karena kelebihan AI ini adalah mampu merespons sebuah tindakan. Bahkan respons yang diberikan pun cepat dan tepat.

Salah satu contoh yang sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari adalah saat Anda membuka website e-commerce dan pihak situs memberikan kolom untuk chat dengan penjual maupun dengan sistem yang dinamakan chatbot.

Chatbot sendiri adalah contoh Artificial Intelligence yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi waktu saat Anda menanyakan sebuah pertanyaan kepada pihak penjual. Sehingga Anda tak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mendapatkan respons penjual.

Setidaknya saat ini AI telah mempu menjawab beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan oleh customer. Mulai dari ketersediaan stok, kondisi produk, dan lainnya.

2. Karena AI Bisa Mengoreksi dan Menciptakan Dokumen secara Akurat

Berkat kehadiran AI pula, saat ini peran editor serta notulen sebuah perusahaan bisa dengan mudah digantikan. Salah satu aplikasi yang sudah banyak digunakaan adalah Grammarly Aplikasi.

Aplikasi ini dapat mengoreksi tata bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan kaidah. Selain Grammarly, saat ini juga ada banyak aplikasi yang mampu memperbaiki kesalahan pengetikan dengan menggunakan aplikasi berbasis AISense.

Bahkan saat ini Anda pun telah dipermudah jika akan mengecek tulisan dengan plagiasi, salah satunya adalah melalui situs copyscape. Kinerja AI Copyscape adalah membandingkan artikel asli dengan artikel yang dibuat oleh penulis.

3. AI Mampu Mengenali Personal secara Mendalam

Berkat kehadiran Artifical Intelligence, saat ini sebuah perusahaan dapat mengenali karakteristik konsumen yang mereka miliki dengan waktu singkat.

Lebih detail lagi, AI ini mampu mengenali pola yang dilakukan oleh pelanggan serta menentukan permintaan yang kemungkinan akan diminta oleh customer perusahaan tersebut.

Oleh karena analisis AI tersebut, saat ini peran perusahaan terhadap analisis pasar hingga lembaga riset pun sudah mulai tergantikan dengan teknologi yang sangat mutakhir tersebut.

4. AI Mampu Menganalisis Data dan Mengolah Big Data

Ilustrasi teknologi

Salah satu kelebihan utama dari Artificial Intelligence adalah dibekalinya algoritma yang cukup rumit sehingga teknologi yang diusungnya mampu memprediksi sebuah kemungkinan.

Seperti telah dikemukakan oleh Stephen Hawking bahwa teknologi ini mampu dijadikan sebagai sarana pengambilan keputusan berkat analisis data yang akurat, sehingga mampu mengurangi adanya human error yang sering terjadi jika dijalankan secara konvensional.

Tak hanya itu saja, hadirnya kemampuan analisis data pada AI juga memunginkan teknologi ini memetakan prediksi penjualan sebuah perusahaan, hingga memberikan keputusan terhadap pengajuan persetujuan terhadap calon nasabah perbankan.

Sementara itu, istilah Big Data belakangan ini menjadi cukup terkenal berkat kehadiran Financial Technology (Fintech) yang banyak menyita perhatian masyarakat. Big Data diistilahkan merupakan penggambaran volume data yang sangat besar, baik disusun secara terstruktur maupun tidak dan memenuhi suatu bisnis pada basis sehari-hari.

Big Data sangat bermanfaat bagi perusahaan analisis pasar untuk menentukan pengambilan keputusan yang berkelanjutan dan menguntungkan semua pihak. Dengan adanya AI, maka memberikan solusi untuk mengelola data yang sangat bersar tersebut.

Salah satu perusahaan yang menerapkan AI dibidang Big Data adalah media sosial Instagram. Instagram mampu memetakan penggunanya sebagai target advertising yang mereka jual dengan cara memberikan rekomendasi umur, pekerjaan, hobi, hingga minat pengguna, sehingga iklan jadi lebih tepat sasaran dan lebih menguntungkan pihak klien serta meminimalisir spam.

Pahami dan Manfaatkan Kecanggihan AI

Itulah manfaat dan keuntungan menggunakan Artificial Intelligence dalam mengembangkan sebuah usaha karena bisa meningkatkan produktivitas. Dengan AI, pekerjaan semakin lebh efektif dan efisien, sehingga bisa meningkatkan performa kerja dan berjalannya sebuah usaha dengan maksimal.

Related Posts: