Apa Manfaat Kotlin?

Apa Manfaat Kotlin?

Blog Single

Kotlin, sebuah bahasa pemrograman, telah mendapatkan minat yang luar biasa di kalangan pengembang dalam empat tahun terakhir — terutama setelah pengumuman #IO17 Google yang mendukungnya sebagai bahasa resmi untuk aplikasi Android. Jadi apa yang membuat bahasa ini begitu istimewa, apa manfaat dari Kotlin, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda?

Apa itu Kotlin?
Kotlin adalah bahasa pemrograman untuk Java Virtual Machine (JVM) dan oleh karena itu, dapat digunakan di mana saja Java digunakan saat ini (yang hampir di mana saja). Ini termasuk server, klien, web, dan pengembangan Android. Ini dikembangkan oleh JetBrains yang saat ini bekerja untuk membawa Kotlin ke sistem tertanam dan juga iOS, berpotensi menjadikannya bahasa satu atap untuk semua area aplikasi.

Apa yang membuat Kotlin begitu populer di kalangan developer adalah desain bahasanya yang bersih dan fitur-fitur canggihnya. Tujuannya secara eksplisit bukan untuk memperkenalkan konsep baru, tetapi untuk menyatukan fitur bahasa pemrograman yang telah terbukti bermanfaat untuk proyek skala besar.

Siapa yang menggunakan Kotlin?
Meskipun Kotlin dapat digunakan di mana saja Java digunakan (dan segera di lebih banyak tempat), saat ini sebagian besar digunakan untuk pengembangan aplikasi Android, didorong oleh dukungan resmi Google. Perusahaan yang menggunakan Kotlin untuk tetap kompetitif termasuk Google, Trello/Atlassian, Pinterest, Kickstarter, dan Uber.

Manfaat Kotlin
1. Kotlin memungkinkan penulisan kode lebih sedikit
Lebih sedikit kode itu penting tetapi ada keterbacaan yang juga harus dipertimbangkan dan lebih baik ditingkatkan. Dengan Kotlin, Anda menerima keduanya. JetBrains melakukan yang terbaik untuk membuat bahasa sesingkat mungkin, dan mereka berhasil melakukannya.

Lebih sedikit kode, jika dilakukan dengan benar, menghasilkan lebih sedikit bug. Ketika Anda membiarkan kerangka kerja menangani aspek-aspek duniawi tertentu dari pengkodean, Anda dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting. Kotlin adalah tentang keterbacaan yang tinggi, kesederhanaan, dan fasilitasi proses pengembangan aplikasi.

2. Ini memecahkan tantangan pengembang
Kotlin berasal dari industri, bukan akademisi. JetBrains membutuhkan alat yang lebih sederhana daripada Java untuk bekerja dengan produk utamanya, yang disebut IntelliJ IDEA, yang sepenuhnya tertulis di dalamnya.
Mereka menyelidiki alternatif, tetap tidak puas, dan memutuskan untuk menciptakan bahasa mereka sendiri. Tujuannya adalah untuk mendapatkan alat yang efektif yang dapat digunakan bersama dengan Java dan bekerja di mana saja di mana Java bisa.

Jadi, Kotlin memecahkan tantangan yang dihadapi oleh programmer. Misalnya, sistem tipe membantu Anda menghindari pengecualian penunjuk nol. Bahasa akademik penelitian cenderung tidak memiliki nol sama sekali, tetapi ini tidak ada gunanya bagi insinyur perangkat lunak yang bekerja dengan basis kode besar dan API yang melakukannya.

3. Mengadopsi Kotlin itu mudah
Jika Anda ingin memfasilitasi pemeliharaan produk atau merampingkan pengembangan aplikasi Android kustom, Anda dapat menugaskan dua atau tiga insinyur untuk memindahkan proyek ke Kotlin mulai dari sebagian kecil basis kode.

4. Kotlin sepenuhnya kompatibel dengan Java
Keuntungan lainnya adalah bahasa pemrograman Kotlin sepenuhnya kompatibel dengan Java. Pengembang Kotlin memiliki akses ke semua kerangka kerja dan pustaka Java sambil menulis kode yang lebih jelas dan ringkas.
Jadi, engineer Android dapat menggunakan kedua bahasa tersebut saat membuat produk seluler serta memigrasikan aplikasi mereka dari Java ke Kotlin.

Bahkan jika Anda memiliki proyek besar berbasis Java dengan jutaan baris kode, Anda dapat dengan mudah mengonversinya ke Kotlin satu file dalam satu waktu dan Anda akan melihat semuanya masih berhasil dikompilasi. Di sini, di BLAKIT, kami menulis kode kami di Kotlin dan menggunakan Java hanya untuk memelihara proyek lama.

5. Ini tidak membebankan overhead runtime
Pustaka standar kecil dan ketat: sebagian besar terdiri dari ekstensi terfokus ke pustaka standar Java. Penggunaan inlining waktu kompilasi yang berat berarti konstruksi fungsional seperti pipa kompilasi peta/filter/reduksi yang mirip dengan versi imperatif dari kode yang sama.

6. Kotlin memiliki komunitas yang kuat
JetBrains terus meningkatkan bahasa. Ini berkomitmen untuk proyek, memiliki tim besar dan sangat kompeten yang mengerjakannya, memiliki model bisnis yang stabil dan bahkan mengubah bagian dari produk andalan mereka sendiri untuk menggunakannya.

7. Kotlin cocok untuk pengembangan multi-platform
Pengembangan Android bukan satu-satunya hal yang dapat Anda gunakan untuk Kotlin. Bahasa ini menyediakan dukungan JavaScript dan interoperabilitas, memungkinkan pengembang untuk memindahkan frontend mereka ke Kotlin atau membuatnya di dalamnya sejak awal proyek.

Terlebih lagi, para pendiri menambahkan dukungan Gradle sehingga Anda dapat menulis file Gradle di Kotlin. Mereka secara aktif mengembangkan Kotlin/Native, yang memungkinkan pembuatan aplikasi iOS. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat menulis aplikasi asli dalam bahasa ini juga.

8. Pengembangan Kotlin menawarkan lebih banyak keamanan
Pengembang Kotlin mengintegrasikan ke dalam semantik prinsip-prinsip yang mencegah berbagai kesalahan umum yang biasanya terjadi selama eksekusi program. Alasan lain untuk tingkat keamanan Kotlin yang lebih tinggi (dibandingkan dengan Java) terletak pada manfaatnya.

Manfaat bisnis beralih ke Kotlin
Menjadi lebih tahan kesalahan, aplikasi akan menjadi lebih mudah dan lebih murah untuk dirawat. Kotlin juga memfasilitasi pengembangan yang lebih cepat karena jauh lebih ringkas — perkiraan kasar menunjukkan bahwa ia dapat memotong sebanyak 40?ris kode dibandingkan dengan Java.

Lebih sedikit baris kode = lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk pengkodean = lebih sedikit uang yang dihabiskan untuk pengembangan. Oh, dan ada juga konverter Kotlin-ke-Java otomatis, yang dapat Anda temukan di sini.

Kotlin juga menjadi semakin universal, sehingga Anda dapat mentransfer aplikasi Anda dari satu platform ke platform lain jika perlu. Terakhir, kerangka kerja baru, efisien, dan menarik, yang menarik pengembang yang baik.
Hal ini memungkinkan pelaksanaan tugas yang sama dengan sedikit waktu dan usaha. Ketika kode lebih sederhana dan mudah dipahami, kesalahan lebih sulit dibuat dan lebih mudah ditemukan, sehingga peluangnya berkurang secara signifikan.

Sagara Technologyverified_user . August 10, 2021. https://teknologi.id/technology/apa-manfaat-kotlin

Related Posts: