Cara Lindungi Data Privasi Pengguna saat Internetan

Cara Lindungi Data Privasi Pengguna saat Internetan

Blog Single

Melindungi data pribadi dengan meminimalisir jejak digital adalah usaha terbaik hidup nyaman di era serba bergantung internet seperti sekarang.

Hal tersebut bukan berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas online sama sekali agar data pribadi terjaga.

Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi jejak digital agar data privasi lebih aman dilansir dari Detik

Incognito

 

Ada opsi melakukan penelusuran menggunakan mode Incognito atau private pada browser harus dimanfaatkan.

Dengan mode ini, aplikasi akan melupakan halaman yang kamu kunjungi termasuk keyword-keyword yang kamu pakai.

Namun mode ini bukan berarti kamu tidak terlacak sama sekali. Contoh, kalau kamu masuk ke web Facebook dengan Incognito, jaringan media sosial ini masih merekam aktivitas.

Untuk menutupi ISP milikmu, gunakan VPN ketika internetan.

Hapus pesan

 

Hapus pesan-pesan yang ada di ponsel secara aktif dan terjadwal. Bila perlu gunakan aplikasi chat yang memungkinkan fitur self-destructive messages. Kalau tidak, hapus saja secara manual.

Batasi pelacakan dari aplikasi

 

Setiap aplikasi di ponsel mengambil pendekatan yang sedikit berbeda untuk mencatat aktivitas penggunanya dan beberapa dari mereka membiarkan pengguna nyaman memakai mode incognito.

Aplikasi yang lain akan berhenti melacak pengguna jika pengguna memintanya. Dari aplikasi yang kamu gunakan sebaiknya memeriksa pengaturan guna menghentikan pelacakan.

Jika kamu tidak menemukan opsi ini, kamu harus menghapus aktivitas secara manual. Proses ini akan bervariasi tergantung pada sistem operasi yang kamu pakai.

Hapus riwayat pencarian

Banyak aplikasi seluler menyimpan data baik secara lokal maupun di cloud, sehingga mereka dapat menyinkronkan informasi kamu ke perangkat lain.

Hal itu berarti, untuk menghapus log pencarian dari ponselmu, kamu harus menghapus catatan di berbagai platform.

Misalnya, akun Google milik kamu akan menyimpan riwayat pencarian yang kamu jalankan dari ponsel Android kamu.

Untuk menghapus catatan ini, kamu harus mengaksesnya dari web. Buka browser dan buka halaman riwayat aktivitas Google kemudian hapus.

Fabian Pratama Kusumah . June 17, 2021. https://teknologi.id/insight/cara-lindungi-data-privasi-pengguna-saat-internetan

Related Posts: