Cara Mempercepat Loading Website

Cara Mempercepat Loading Website

Blog Single

Website adalah kumpulan informasi berupa halaman web dalam satu nama domain dan dapat diakses melalui web browser. Website memiliki berbagai fungsi tergantung jenisnya. Beberapa berguna untuk mencari informasi terbaru seperti website portal media, untuk memperluas pertemanan seperti media sosial, bahkan untuk transaksi jual beli seperti marketplace dan e-commerce

Aktivitas pengguna untuk mengakses website tentu akan terhambat jika kinerja website lambat. Loading website yang lambat membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan akhirnya berpindah ke website lain. Jika Anda memiliki situs web, pastikan Anda mengoptimalkan kinerja situs web Anda sehingga memuat lebih cepat. Ada beberapa manfaat jika Anda membuat situs web Anda memuat lebih cepat.

Keuntungan Memiliki Website yang Loading Cepat:

1. Buat Pengguna Nyaman
Ketika seseorang mengakses situs web dengan pemuatan lambat, mereka dapat segera meninggalkan situs web tersebut dan pindah ke situs web lain yang kinerjanya lebih cepat. Sebaliknya jika sebuah website memiliki performa yang cepat maka akan memberikan kesan nyaman dan menarik bagi pengunjung. Jadi, potensi peningkatan jumlah trafik website akan semakin tinggi.

Pengunjung juga tidak keberatan menjelajahi konten lain di situs web. Semakin banyak pengunjung yang mengeksplor konten website, maka bounce rate juga akan semakin menurun. Rasio pentalan adalah persentase pengunjung yang meninggalkan situs web setelah mengunjungi hanya satu halaman. Semakin rendah bounce rate maka semakin baik kualitas website, baik dari segi konten maupun performanya.

2. Berada di Peringkat Teratas Google
Beberapa pakar SEO mengatakan bahwa kecepatan website saat ini menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peringkat di Google Search. Untuk itu, membuat kinerja website yang cepat menjadi sangat penting agar Google memprioritaskannya untuk masuk ke halaman pertama Google. Meski begitu, kecepatan tentu bukan satu-satunya. Namun, kualitas konten harus lebih diperhatikan.

3. Tingkatkan Penjualan
Apakah Anda memiliki situs web toko online? Seseorang yang baru saja mengunjungi website Anda tidak serta merta langsung melakukan transaksi, bukan? Dia akan melihat-lihat dulu, menjelajahi situs web Anda, lalu mempertimbangkannya.

Bayangkan jika website Anda lambat, pasti user tersebut tidak akan betah dan mencari produk sejenis di website kompetitor. Dengan kata lain, Anda kehilangan pembeli potensial.

Disinilah pentingnya membuat website yang loadingnya cepat. Semakin banyak pengunjung yang nyaman menjelajahi website toko online Anda, maka semakin besar pula peluang untuk meningkatkan penjualan.

Tips Membuat Website Fast Loading
Bagaimana cara mengatasi website yang loadingnya lama? Ada berbagai cara yang bisa dilakukan seperti memperkecil ukuran gambar, mengurangi Plugin yang tidak perlu, minify Javascript, dan memilih layanan hosting yang tepat.

Kualitas hosting sangat menentukan kinerja website. Jika website anda lemot silahkan di cek kembali, mungkin masalahnya ada pada hosting yang anda gunakan. Jika iya, maka sebaiknya Anda memilih hosting yang dilengkapi dengan fitur kecepatan seperti LiteSpeed ??Web Server dan WordPress Accelerator.

Fitur LiteSpeed ??adalah server web yang dapat mengoptimalkan kecepatan situs web tanpa mengubah konfigurasi, program, dan detail sistem operasi yang sudah ada sebelumnya. Padahal, WordPress Accelerator adalah fitur yang disediakan oleh WordPress Management. Fitur WordPress Accelerator dirancang untuk meningkatkan kecepatan kinerja website secara otomatis dan mudah dioperasikan.

Sumber :

Sagara Technologyverified_user . November 10, 2021. https://teknologi.id/technology/cara-mempercepat-loading-website

Related Posts: