Fungsi Hardisk dan Jenisnya yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Fungsi Hardisk dan Jenisnya yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Blog Single

Bogor - HardiskĀ sudah menjadi salah satu bagian paling penting yang harus dilihat sebelum membeli perangkat komputer. Berbagai kapasitas hardisk bisa kamu dapatkan dari yang berkapasitas kecil hingga besar sesuai dengan kebutuhan.

Dari hanya berkapasitas Kb pada zaman dahulu yang tentunya tidak akan cukup untuk zaman sekarang. Hingga sekarang sudah memiliki kapasitas yang begitu besar sampai TB atau Terabyte.

Fungsi hardisk sangat penting sebagai sebuah perangkat komputer. Semakin besar kapasitas suatu hardisk dalam sebuah komputer maka semain baik pula kinerja CPU dalam membaca program aplikasi ataupun data pada saat dijalankan.

Jenis-Jenis Hardisk

Related image

IDE/ATA

Jenis harddisk yang pertama adalah IDE atau ATA. IDE merupakan kependekan dari Integrated Devices Electronics, sedankan ATA adalah kependekan dari Advanced Technology Attachment.

Hardisk jenis ini adalah hardisk berkapasitas kecil yang memiliki kapasitas maksimal sebesar 320 GB. Harddisk jenis ini sudah jarang digunakan sekarang ini karena kapasitas kecil tersebut. Harddisk ini dinilai tidak praktis dalam pemakaiannya sehingga mulai ditinggalkan oleh pengguna komputer.

SATA

Jenis hardisk selanjutnya adalah SATA atau Serial Advanced Technology Attachment. Jenis harddisk satu ini merupakan jenis yang sekarang ini banyak digunakan pada perangkat komputer atau laptop konvensional.

Kapasitasnya jauh lebih besar daripada IDE/ATA, yaitu mencapai 2 TB. Harddisk jenis SATA ini sudah memiliki berbagai keunggulan daripada hardisk jenis IDE/ ATA.

SCSI

Selanjutnya, ada jenis hardisk SCSI yang disebut juga dengan Small Computer System Interface. Jenis ini merupakan harddisk yang memiliki kapasitas paling mumpuni mencapai 5 TB dan juga memiliki kecepatan membaca paling tinggi.

Fungsi hardisk jenis SCSI ini biasanya digunakan pada komputer server atau komputer penyedia data atau database. Dengan penggunaan harddisk SCSI, maka kamu bisa mentransfer berbagai data jauh lebih cepat dan lebih efisien daripada menggunakan IDE/ ATA ataupun SATA.

Kamu bisa memilih berbagai harddisk SCSI tergantung dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Fungsi Hardisk

Related image

Fungsi hardisk sangat penting dalam sebuah perangkat komputer atau laptop. Diantara fungsi hardisk adalah:

Tempat Menyimpan Database

Salah satu elemen terpenting dalam suatu sistem komputer adalah Database. Databse dapat membantu sebuahh program atau aplikasi untuk berjalan dengan baik.

Database ini biasanya disimpan di dalam harddisk pada komputer server. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses dari berbagai Client yang ingin mengaksesnya. Oleh karena itu, hardisk yang digunakan untuk menjadi server ini membutuhkan hardisk dengan kapasitas tinggi agar tidak terjadi masalah saat pengambilan data nantinya.

Selain itu, penggunaan database juga harus diperhatikan oleh pengguna agar semua data yang disimpan bisa aman. Karena itu penggunaan database ini memiliki kriteria tertentu.

Menyimpan Data dari OS

Selanjutnya, fungsi hardisk adalah sebagai tempat menyimpan data dari OS. Biasanya OS yang digunakan pada sebuah komputer kebanyakan adalah Windows. Baik Windows maupun OS lain membutuhkan hardisk untuk dapat mengpoperasikan sebuah komputer. Karena itulah, fungsi utama harddisk adalah untuk menginstal OS. Tanpa OS komputer tidak akan berfungsi bagi penggunanya.

Fungsi Hardisk Sebagai Media Penyimpanan Data

Penyimpanan Data dari Software

Harddisk juga memiliki peran dalam penyimpanan data dari software. Agar sebuah aplikasi bisa diinstal di perangkat komputer, maka diperlukan kapasitas harddisk yang cukup untuk aplikasi tersebut.

Bila harddisk yang kamu gunakan terlalu penuh dengan berbagai macam data, maka akan berpengaruh terhadap kinerja aplikasi tersebut, bahkan pada komputer.

Menyimpan BerbagaiĀ File Pengguna

Fungsi hardisk selanjutnya adalah tempat menyimpan berbagai file. Bagi pengguna, fungsi hardisk sangat vital sebagai tempat menyimpan segala macam data, file, serta dokumen virtual seperti .doc, .pdf, .mp3, dan lain-lain.

Dengan fungsi hardisk dalam menyimpan berbagai file tersebut, maka bisa dibilang harddisk adalah nyawa bagi seorang pengguna dalam komputernya. Saat harddisk rusak dan file yang telah disimpan emnghilang, tentunya menyebabkan berbagai hal yang harus dilakukan oleh pengguna menjadi tidak bisa dilakukan. Sepenting itulah fungsi hardisk pagi user.

Sebagai Back-up Data

Selain itu, fungsi harddisk lainnya adalah sebagai back-up data. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar pada harddisk, maka kamu bisa menyimpan berbagai jenis data disana. Hal ini juga sangat berguna bila kamu takut kehilangan data data penting di komputer, sehingga bisa di simpan di harddisk sebagai cadangan.

Dengan begitu, kamu bisa mengamankan data-data kamu dari berbagai ancaman.

Dengan mengetahui beberapa jenis harddisk beserta fungsinya, kamu bisa memberikan yang terbaik untuk perawatan perangkat komputer dan laptop.

Apalagi peran yang dimiliki oleh harddisk sangatlah penting sebagai media penyimpanan data, membuat kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih sesuai dengan kebutuhan. Bila data yang akan kamu simpan cukup banyak, sebaiknya langsung pilih harddisk dengan kapasitas yang tinggi.

Related Posts: