Ini Pertolongan Pertama Jika Laptop Tersiram Air

Ini Pertolongan Pertama Jika Laptop Tersiram Air

Blog Single

Ketika barang elektronik yang tersiram air, itu tentu merupakan hal yang buruk. Terlebih jika itu adalah laptop yang berisikan data-data penting serta medium utama kita dalam mengakses informasi.

Hal ini akan kian buruk jika bagian laptop yang terkena adalah keyboard. Ini tentu berisiko dapat merusak bagian-bagian penting seperti motherboard.

Nah, jika kamu mengalami kejadian seperti itu, berikut pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan untuk menanggulangi kerusakan pada laptop kamu.

Lepaskan Kabel Charger

Jika laptop di-charge, segera lepas kabel charger-nya. Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air.

Namun laptop terkena air saat di-charge dan langsung mati, jangan sambungkan kabel charger ke unit laptop. Dan, jangan coba-coba untuk menyalakan laptop via tombol power karena otomatis akan menghantarkan arus listrik.

Balik Posisi Laptop

Segera balikkan laptop ke arah bawah. Ini dilakukan guna membuang air yang terlanjur masuk lewat celah keyboard. Letakkan laptop dalam posisi terbalik dan tunggu 1-2 jam untuk menunggu semua air keluar.

Letakkan di Dalam Beras

Sama halnya seperti smartphone yang terkena air, simpan laptop ke dalam beras. Hal ini dilakukan mengingat beras adalah bahan yang bisa mengeringkan barang dan dapat menghisap cairan keluar.

Muhammad Iqbal Mawardi . September 13, 2021. https://teknologi.id/publik/ini-pertolongan-pertama-jika-laptop-tersiram-air

Related Posts: