Mengenal Hacker dan Cara Melindungi Website dari Hacker

Mengenal Hacker dan Cara Melindungi Website dari Hacker

Blog Single

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi internet ternyata terdapat juga dampak negatif serta risiko yang dimiliki. Terutama website dan layanan internet yang memiliki potensi besar diserang oleh para hacker.

Hacker adalah orang dengan skill pemrogramannya mampu menerobos sistem keamanan komputer atau jaringan komputer untuk tujuan tertentu.

Tindakan hacker yang merugikan pihak tertentu merupakan tindakan kriminal. Contohnya saja pencurian data pribadi pada website toko online untuk diperjualbelikan. Lebih ekstremnya lagi, hacker dapat mengancam dan meminta tebusan untuk mengembalikan website seperti semula.

Tapi tak semua hacker memiliki dampak negatif. Ada pula hacker yang dimanfaatkan untuk tindakan legal. Misalnya seperti menguji sistem keamanan data perushaan tertentu.

Biasanya hacker mengincar website-website milik pemerintahan, perbankan, lembaga keuangan, dan perusahaan besar lainnya.

Namun, jangan salah! Sebuah riset pada tahu 2019 mengatakan bawa 43% cyber attack juga menyasar website bisnis kecil. Itu artinya, semua pemilik bisnis online perlu waspada terhadap serangan hacker. Motifnya, tentu saja mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.

Setelah mengetahui apa itu hacker, tentunya anda ingin melindungi website dari serangan hacker, bukan? Berikut cara melidungi website dengan mudah tanpa skill teknis.

·Lalukan backup data sesering mungkin

Backup data adalah hal sederhana  namun dibutuhkan ketika ingin mengelola website. Buatlah satu tempat penyimpanan data yang anda yakini menjadi tempat teraman.

·Gunakan SSL

Secure Socket Layer (SSL) bisa digunakan dengan protokol yang sudah terenkripsi untuk mentransfer infromasi antra website dan database. Hal ini tentu akan menyulitkan para hacker untuk masuk ke website yang sudah terlindungi SSL. Tak hanya itu, SSL juga mmapu meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website anda.

·Gunakan firewell

Aplikasi firewell menyediakan fitur untuk memblokir serangan yang dilakukan hacker dan mampu menyaring spammer dan bot yang berbahaya bagi website. Firewell akan membaca setiap bit data yang melewatinya.

Selain itu, aplikasi ini mampu memblokir situs tertentu yang berpotensi menyerang website lain. Langkah ini juga dapat memblokir IP address secara otomatis sehingga kamu tidak bisa lagi membuka website berbahaya yang dapat merugikan anda.

·Memilih penyedia layanan cloud hosting terpercaya

Seiring pesatnya perkembangan teknologi internet dan digital, kini muncul cloud computingCloud computing diyakini lebih aman untuk website dan memiliki performa yang baik dalam melakukan bisnis online.

Di Indonesia sendiri juga banyak penyedia layanna hosting yang memberikan jaminan keamanan website. Meski begitu, anda harus pintar dalam memilih layanan hosting atau cloud VPS yang terbaik.

Dwi Rahmadani . August 05, 2021. https://teknologi.id/technology/mengenal-hacker-dan-cara-melindungi-website-dari-hacker

Related Posts: