Pakai .Com Atau .ID? Ini Penjelasan Perbedaannya!

Pakai .Com Atau .ID? Ini Penjelasan Perbedaannya!

Blog Single

Istilah domain .Com dan .ID pasti tidak asing lagi bagi kita semua. Banyak website yang menggunakan kedua domain ini.

Domain merupakan sebuah alamat atau nama unik yang tertuju kepada website yang telah kita buat. Nama domain dapat diketik pada web browser dan akan memunculkan tampilan dari website. Kalian tau gak sih bedanya domain .Com dan domain .ID? Kalau belum yuk simak penjelasan dibawah ini.

1.      Hak Pemilikan

Dalam hal hak kepemilikan, domain .Com lebih terbilang bebas dalam menggunakannya. Hal ini disebabkan karena domain ini bersifat internasional, jadi semua warga dunia boleh menggunakan domain .Com ini.

Berbeda halnya dengan domain .ID yang hanya boleh dimiliki oleh warga Negara Indonesia saja. Tak hanya itu, domain .ID memiliki tingkat profesionalitas tinggi dalam penggunannya, sehingga hanya beberapa pihak saja yang boleh dan bisa menggunakan ekstensi domain ini. Misalnya, domain .co.id hanya boleh digunakan oleh perusahaan saja, domain .net.id hanya untuk perusahaan ISP, domain .go.id hanya boleh dimiliki oleh lembaga pemerintahan.

Sedangkan untuk domain .ID saja bisa digunakan untuk beberapa lembaga seperti perusahaan, sekolah, organisasi, pribadi dan masih banyak lagi dengan syarat harus sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak penyedia domain.

2.      Pengelolaan

Domain .Com dikelola oleh sebuah lembaga penyedia domain internasional yang bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Untuk domain .ID yang notabennya dikeluarkan oleh pengelola domain Indonesia atau yang dikenal dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) memang khusus diciptakan dan ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki website.

3.      Cara Pemilikan

Pembelian domain bisa dibeli dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan. Hal ini disebabkan karena begitu banyaknya provider hosting yang menyediakan atau menjadi perantara penjualan domain untuk website.

Contohnya saja jika anda ingin membeli domain dari salah satu provider Inggris, maka anda bisa melakukan transaksi melalui internet dan melakukan pembayaran melalui kartu kredit. Sangat mudah bukan?

Di Indonesia sendiri kepemilikan domain .ID bisa dibilang masih sangat jarang. Bukan hanya karena baru dikeluarkan oleh pihak PANDI, tapi juga karena harganya yang terbilang mahal, yaitu sekitar 500 ribu.

Lalu bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing domain ini?

Pertama dari segi kelebihan, untuk domain . ID keunggulannya adalah tidak mudah ditiru. Karena syarat yang harus dipenuhi tidak mudah, maka domain ini akan membuat pemilik website merasa lebih profesional dan bergengsi telah memiliki website dengan domain .ID. dan domain ini juga memberikan kemudahan dari segi pengelolaan. Karena membelinya di Indonesia makan akan lebih mudah untuk mengurusnya apabila terjadi masalah.

Sedangkan kelebihan dari domain .Com adalah mudah dimiliki siapa saja dari lokasi mana pun.  Hal ini disebabkan karena  harganya yang relatif murah dan tidak memiliki syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh pembeli. Jadi semua orang dapat memiliki domain ini hanya dengan mendaftarkannya saja ke registrar.

Kedua dari segi kekurangan, domain .ID cenderung pada proses kepemilikan yang birokratis. Selain itu, domain .ID masih belum populer sehingga tidak mudah bagi masyarakat untuk mengingatnya. Masyarakat lebih familiar dengan domain .com yang sudah eksis dari dulu.

Kekurangan dari domain .Com adalah kredibiltas yang kurang terjaga. Dengan adanya akses yang mudah dalam kepemilikan domain ini, beberapa pihak menyalahgunakan kegunaan domain ini. Banyak para penipu yang menggunakan domain .Com untuk menipu dan meyakinkan korbannya.  So, hati-hati ya jika mendapatkan website dari domain ini.

Nah setelah membaca penjelasan diatas kira-kira anda lebih tertarik domain yang mana nih?

Dwi Rahmadani . June 29, 2021. https://teknologi.id/technology/pakai-com-atau-id-ini-penjelasan-perbedaannya

Related Posts: