Pengertian Program dan Tujuannya

Pengertian Program dan Tujuannya

Blog Single

Apa itu program? Program Adalah suatu rancangan struktur, desain, kode skema, maupun bentuk yang lainnya dengan yang disusun sesuai alur Algoritma dengan tujuan mempermudah suatu permasalahan. sebuah program biasanya disebut juga dengan istilah Aplikasi, tujuannya adalah mempermudah suatu hal agar pekerjaan bisa lebih produktif dan lebih efisien. Adapun istilah programmer yaitu seseorang yang membuat atau merancang suatu Program tersebut. Sebuah program yang dapat dibaca oleh manusia biasa disebut dengan Kode Sumber atau source code.

Sebuah program yang merupakan satu set instruksi yang digunakan untuk mengendalikan perilaku mesin . Contoh program tersebut antara lain:

Urutan kartu yang digunakan oleh alat tenun Jacquard untuk menghasilkan pola tertentu dalam kain tenun . Diciptakan pada tahun 1801, alat ini menggunakan lubang pada kartu berlubang untuk mewakili gerakan lengan alat tenun jahit untuk menghasilkan pola dekoratif secara otomatis.

Sebuah program komputer ( software ) adalah daftar instruksi untuk dieksekusi oleh komputer.

Barel, kartu berlubang, dan gulungan musik yang mengkodekan musik untuk dimainkan oleh pemain piano , organ pasar malam , organ barel , dan kotak musik .

Sebuah sequencer musik adalah alat musik diprogram . Itu adalah jenis mesin yang dapat diprogram paling awal. Pengurut musik pertama adalah pemain seruling otomatis yang ditemukan oleh saudara Persia Banu Musa , yang dijelaskan dalam Buku Perangkat Cerdik mereka , pada abad ke-9. Pada tahun 1206, penemu Muslim Al-Jazari (di Kesultanan Artuqid ) menemukan automata yang dapat diprogram , yang menggabungkan mesin drum yang dapat diprogram pertama . 

Eksekusi program adalah serangkaian tindakan mengikuti instruksi yang dikandungnya. Setiap instruksi menghasilkan efek yang mengubah keadaan mesin sesuai dengan makna yang telah ditentukan sebelumnya.

Sementara beberapa mesin disebut dapat diprogram , misalnya termostat yang dapat diprogram atau synthesizer musik , mereka sebenarnya hanyalah perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk memilih di antara satu set tetap dari berbagai opsi, daripada dikendalikan oleh program yang ditulis dalam bahasa ( baik itu tekstual, visual atau lainnya).

Sumber : 

https://en.wikipedia.org/wiki/Program

Related Posts: