Penyebab Windows ARM Tak Berjalan di Mac Apple

Penyebab Windows ARM Tak Berjalan di Mac Apple

Blog Single

Foto: Qerdus

Teknologi.id – Sudah lama sejak Microsoft menjalankan sistem operasi Windows 10 dan Windows 11  pada chip ARM. Namun, perusahaan enggan  menjual Windows berlisensi ARM kepada siapa pun, termasuk Apple.

Versi Windows ARM sebenarnya dapat berjalan di Raspberry Pi atau  Apple Silicon Mac, tetapi Microsoft  tidak berniat melakukannya. Belum lama ini, Pengembang XDA  berhasil mengatasi masalah tersebut.

Menurut laporan XDA Developers, ini karena Microsoft memiliki kontrak eksklusif dengan Qualcomm dan Microsoft tidak membuat Windows versi ARM tersedia secara umum.

Qualcomm menghambat persaingan pembuat chip lainnya, menurut sumber  yang mengetahui kesepakatan eksklusif ini. Namun, kami tidak tahu persis kapan itu  akan terjadi, tetapi transaksi akan segera berakhir.

11 Rick Tsai, CEO pembuat chip ARM MediaTek, dilaporkan mengajukan beberapa minggu setelah mengatakan ia bermaksud untuk menjalankan Windows pada chipnya, menurut sebuah laporan oleh Ars Technica Qualcomm, MediaTek, Rockchip, dan lainnya semuanya menawarkan chip ARM untuk Chromebook selain chip yang mereka sediakan untuk perangkat Android.

Faktanya, kesepakatan tersebut telah disiarkan sejak 2016, ketika Microsoft mengumumkan penawaran Windows pada ARM dalam kemitraan dengan  Qualcomm, dan oleh Qualcomm sejak sistem Windows ARM terbaru pertama yang dikirimkan  pada akhir 2017. Ini didukung secara eksklusif. Ini termasuk merek Microsoft SQ1 dan SQ2 Surface Pro X, yang  dikembangkan bekerja sama dengan Qualcomm.

Kesepakatan eksklusif saling menguntungkan pada awalnya, Qualcomm telah menerima semua kemenangan desain  Windows pada sistem ARM selama beberapa tahun, dan Microsoft telah memulai ekosistem Windows versi ARM setelah beberapa gangguan dimulai. Kita akan diberikan kesempatan lain untuk membangun.

Namun, seiring waktu, ada kemungkinan bahwa jenis Windows pada sistem ARM akan terbatas dan kinerja akan menurun karena non-konflik. Jika Microsoft mengizinkan Windows  berjalan di prosesor ARM lain, itu bisa membuka pintu ke versi virtual Windows di Silicon Mac Apple.

Sumber :

https://teknologi.id/teknologi/penyebab-windows-arm-tak-berjalan-di-mac-apple

Related Posts: