Robotic Process Automation (RPA) bukti Teknologi masa depan

Robotic Process Automation (RPA) bukti Teknologi masa depan

Blog Single

Robotic Process Automation atau yang biasa disebut RPA  adalah sebuah teknologi perangkat lunak dengan sistem digital untuk melakukan tugas dan proses bisnis berulang dan sederhana yang biasaya tindakan tersebut dilakukan oleh manusia.

Dalam konteks ini bukanlah berbentuk robot yang duduk didepan computer layaknya manusia yang sedang bekerja . RPA merupakan software yang mampu meniru aktivitas manusia didalam sistem digital dengan kecepatan dan akurasi hingga 100%.

RPA adalah sebuah perangkat lunak yang membantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan pada sistem digital (computer maupun perangkat hadphone) biasanya menirukan dalam bentuk klik mouse dan ketukan keyboard dalam menyelesaikan proses pekerjaanya.

Teknologi RPA dapat ditemukan dalam kegiatan sehari-hari, seperti pada layanan kesehatan digunakan untuk menangani riwayat medis pasien, catatan, penagihan dan laporan.

Pada jasa keuangan, hal yang paling sering ditemukan dalam pemanfaatan RPA adalah penggunaan m-banking dan e-banking, mengelola rekening asing, pembayaran audit.

Kemudian dala manajemen rantai pasokan, penggunaan RPA digunakan untuk pengadaan mengotomatiskan pemprosesan dan pembayaran pesanan, memantau tingkat iventaris serta melacak pengiriman. Seperti ketika berbelanja online, kita dapat mengetahui track record barang yang dibeli secara real time.

Dike . August 05, 2021. https://teknologi.id/technology/robotic-process-automation-rpa-bukti-teknologi-masa-depan

Related Posts: