Samsung Perkenalkan Exynos iT100, Prosesor untuk Perangkat IoT

Samsung Perkenalkan Exynos iT100, Prosesor untuk Perangkat IoT

Blog Single

Bogor - Samsung memperkenalkan prosesor baru untuk perangkat Internet of Things ( IoT), Exynos iT100. Chip ini dirancang untuk ditanamkan di perangkat IoT berukuran kecil seperti alat deteksi gas, pengendali suhu, sensor jendela, dan juga lampu pintar. Selain IoT, menurut Samsung, Exynos iT100 juga bisa digunakan sebagai "otak" wearable device. Samsung mengatakan prosesor tersebut dirancang untuk menunjang komunikasi data wireless jarak dekat, tepatnya kurang dari 100 meter.

Exynos iT100 mendukung koneksi Bluetooth 5.0 dan Zigbee 3.0, serta mampu bertahan di suhu tinggi hingga 125 derajat celsius. Selain membuat komunikasi data lebih efisien, chip ini juga dilengkapi sub-sistem keamanan untuk enkripsi data. Masing-masing prosesor Exynos iT100 memiliki identitas yang unik sehingga tak bisa diklon secara fisik.  Sama seperti pendahulunya, iT100 juga dibangun dengan teknologi arsitektur 28nm.

Exynos iT100 sendiri bukanlah chip IoT pertama Samsung. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini telah membuat prosesor khusus IoT sejak tahun 2017. Debut Samsung di ranah chip IoT dimulai dengan Exynos iT200 yang mampu terhubung ke jaringan Wi-Fi. Kemudian, tahun lalu, Samsung juga merilis Exynos iS111 yang menggunakan modem LTE.
 

 

Related Posts: