Tingkatkan Performa RAM Laptop Kamu Dengan Cara Ini

Tingkatkan Performa RAM Laptop Kamu Dengan Cara Ini

Blog Single

RAM merupakan bagian penting yang bekerja untuk memaksimalkan kinerja laptop. Banyak orang yang berlomba-lomba memperbesar kapasitas RAM mereka guna meningkatkan performa laptop.

Namun, percuma memiliki kapasitas RAM yang besar jika penggunaannya tidak efektif dalam mengelola RAM tersebut. Oleh karenanya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan RAM dan meningkatkan performanya.

Restart PC atau Laptop

Cara ini adalah cara paling mudah untuk dilakukan. Ini juga adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi sejumlah error pada laptop maupun komputer.

Me-restart PC atau laptop akan membuat sebagian besar file yang tersimpan akan dibersihkan serta memulai ulang seluruh pemrosesan.

Cara ini memang tak dapat meningkatkan kapasitas RAM yang tersedia. Namun, cara ini akan membersihkan pemrosesan yang berjalan dan membuat perangkat jadi lebih cepat.

Apalagi jika kita jarang mematikan laptop. Kita akan merasakan performa laptop yang semakin kencang setelah melakukan langkah ini dan performa laptop akan meningkat.

Cek Penggunaan RAM

Bagi pengguna Windows, sistem Windows sudah menyiapkan alat yang dapat digunakan untuk mengeceknya. Cukup buka Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan.

Begitu jendela Task Manager muncul, klik menu More details lalu klik menu Processes. Selanjutnya lalu klik Memory untuk melihat seluruh pemrosesan yang sedang berjalan.

Sedangkan jika kita ingin mendapatkan informasi yang lebih detail, klik menu Performance. Terakhir, urutkan data dengan mengklik Commit (KB) untuk melihat program yang paling banyak menghabiskan RAM.

 

x

Uninstall atau Disable Software yang Tidak Dibutuhkan

Cara terakhir adalah dengan menguninstall atau mendisablekan aplikasi yang tidak dibutuhkan.  Biasanya, aplikasi akan mengkonsumsi paling banyak resource.

Cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan buka Settings, pilih Apps, lalu klik menu Apps & Features. Setelah itu, klik tombol Uninstall yang muncul saat kita memilih software yang ingin dihapus.

Muhammad Iqbal Mawardi . September 11, 2021. https://teknologi.id/publik/tingkatkan-performa-ram-laptop-kamu-dengan-cara-ini

Related Posts: