Tips Belajar Flutter Bagi Pemula

Tips Belajar Flutter Bagi Pemula

Blog Single

Mobile application development tentunya identik dengan  Flutter dalam pembuatan aplikasi cross platform. Mempelajari Flutter pada saat ini rasanya merupakan momentum yang tepat di mana aplikasi cross platform sudah banyak bertebaran.

Tidak ada kata terlambat dalam memulai mempelajari Software Development Kit (SDK) dari Google tersebut. Oleh karenanya, berikut tips mudah untuk kamu yang ingin belajar mengenai Flutter.

Pahami Konsep Dasarnya

Sebelum memulai mempelajari Flutter, ada baiknya kamu pahami dulu beberapa konsep dasar dalam mempelajari bahasa pemrograman sebelum akhirnya memulai langsung belajar Flutter.

Lalu, coba pahami bahasa pemrograman yang menerapkan konsep Object Oriened Programming (OOP) seperti C++ dan Java. Beberapa hal dasar tersebut tentunya akan memudahkan kamu dalam mengembangkan aplikasi dengan Flutter.

Belajar Melalui Doucmentation Flutter

 

Google menawarkan kemudahan untuk belajar Flutter yakni melalui documentation yang dimilikinya. Kamu bisa langsung mengunjungi Flutter Documentation dan mulai mencari bahan yang diinginkan.

Beberapa topik yang dibahas di antaranya:

  • Memulai belajar Flutter
  • Widget yang tersedia
  • Dokumen API
  • Contoh tutorial penggunaan Flutter
  • Contoh aplikasi
  • Video tutorial dari channel YouTube Flutter

 

 

 

 

 

 

Melalui E-Book

Meskipun Flutter masih bisa dikatakan baru, tapi sudah ada beberapa e-book yang bisa kamu jadikan patokan untuk mempelajarinya. Dilansir dari FreeCodeCamp, ada beberapa e-book yang bisa kamu coba untuk belajar Flutter. Beberapa e-book yang bisa kamu baca di antaranya Flutter Succinctly dan Flutter Tutorials Handbook.

Konten Video

Jika kamu kurang begitu menyukai belajar melalui e-book, kamu bisa mencoba belajar Flutter dengan menonoton berbagai video tutorial. Selain video tutorial yang sudah disediakan oleh channel resmi Flutter, ada banyak channel lain yang membuat video pembelajaran yang tidak kalah menarik.

Ikut Kelas Flutter

Saat ini, banyak kelas-kelas virtual yang menawarkan jasa pembelajaran Flutter. Kelas kursus ini cocok untuk kamu yang cocok dengan metode pembelajaran langsung dengan tutor.

 

Jika kamu tertarik dengan dunia teknologi Flutter, Teknologi.id menyediakan kelas bertajuk “Flutter Mobile Dev” dengan menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya seperti Muhammad Ikhsan selaku Flutter Mobile Developer di Sagara Technology dan Fajrul Akram selaku Technical Lead di BNI.

Hanya dengan Rp.129.000 saja kamu sudah bisa mendapat berbagai keuntungan seperti:

  • Akses join terlebih dahulu dari jadwal (jadwal semestinya 12 April 2021)
  • 2 kali sesi Zoom per bulan
  • 4 sumber terkait kelas yang dapat di download per bulannya
  • Akses penuh untuk QnA
  • Penugasan di bidang terkait

Muhammad Iqbal Mawardi . April 12, 2021. https://teknologi.id/technology/tips-belajar-flutter-bagi-pemula

Related Posts: