Upaya meningkatkan profesionalitas dalam proses pembelajaran di lingkup Universitas Djuanda, Universitas Djuanda mengadakan “In House Training Dosen Tahun Akademik 2023/2024”. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari yaitu hari Selasa-Rabu, tanggal 5-6 September 2023 bertempat di Aula Gedung C, Kampus Universitas Djuanda di Ciawi. Perwakilan dosen yang ditunjuk untuk mengikuti kegiatan tersebut adalah dosen muda berjumlah kurang lebih 47 dosen yang berasal dari seluruh fakultas, 11 dosen diantaranya berasal dari Fakultas Pertanian. Pada kegiatan ini, ditunjuk tiga dosen yang berasal dari Prodi Akuakultur. Dosen Prodi Akuakultur yang ditunjuk adalah Eko Rini Farastuti, M.Si, Dr, Hultera, M.Si, dan Ananingtyas S Darmarini, S.Pi., M.P., Dr. Sedangkan Prodi lain yang berasal dari Fakultas Pertanian terdiri dari Prodi Agribisnis/AGB (Syaimah Lailatul Mubarokah, M.Si, Azrin Syamsuddin, Ir., M.Si., Dr,  Fony Farizal, S.P., M.Si. dan Riny Kusumawati, S.P., M.M., Dr). Prodi Peternakan (TNK) (Dewi Wahyuni, S.Pt., MSi., Annisa Rahmi, drh., M.Si dan Ikhsan Qodri Pramata, S.Pt).  Sedangkan Prodi Agroteknologi/AGT diwakili oleh Darudriyo, SP., MP.

Pada kegiatan tersebut dosen dilatih untuk mempersiapkan pembelajaran berkualitas dengan materi yang mendukung. Materi-materi penguatan yang disampaikan pada hari pertama adalah 1) Internalisasi 21 nilai karakter tauhid dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi, 2) Kurikulum berbasis SNDikti dan MBKM, 3) Penyusunan dan Pengembangan RPS, 4) Penilaian dan evaluasi pembelajaran, 5) Keterampilan mengajar. Pada hari kedua materi meliputi; 6) Pendidikan dan pembelajaran, 7) proses pembimbingan Pendidikan, 8) pembelajaran berbantukan teknologi informatika, 9) Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 10) Penguatan dan Pemantapan Dosen, dan 11) Micro teaching. Selain materi tersebut para peserta diharuskan menyelesaikan penugasan yang diberikan yaitu microteaching dalam bentuk video dan RPS yang digunakan.

Pada kesempatan yang sama Kaprodi Akuakultur menyampaikan bahwa kesempatan melakukan upgrade dosen yang difasilitasi oleh universitas harus dimanfaatkan dengan baik. Hal ini sebagai upaya kita sebagai dosen untuk meningkatkan kualitas Prodi agar menghasilkan lulusan berkualitas. Lulusan berkualitas salah satunya diraih melalui penguatan pembelajaran yang difasilitasi oleh dosen khususnya dosen Prodi Akuakultur.  (070923-AKU-IHT).

 

Keyword: Akuakultur, Profesionalisme, Profil lulusan, RPS