Dalam kalender Hijriah, bulan ke-9 merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat islam. Dikenal sebagai bulan suci umat islam yaitu dengan melaksanakan puasa Ramadhan.  Puasa merupakan bagian rukun islam yang mengokohkan pondasi islam, selain empat lainnya yaitu syahadat, sholat, zakat dan haji.

Puasa Ramadhan sangat penting dalam membangun karakter seorang muslim, agar dapat menjadikan seorang muslim yang berkepribadian. Seorang muslim dengan pribadi mulia dapat tergambar dari prilaku, sikap, tutur kata dan cara berfikir.  Puasa Ramadhan diharapkan menjadi pilar memperkuat karakter sebagai seorang muslim, melatih diri untuk menambah rasa syukur kepada Allah, melatih disiplin, sabar, peduli kepada sesama dan memperkuat silahturahmi. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan didalilkan dalam Quran surat ke-2 ayat 183, yang artinya sebagai berikut:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa”.

Bulan suci, yang sangat istimewa telah dihadapan, bulan dengan pahala yang melimpah atas setiap amal  kebaikan. Kita sambut dengan kebahagiaan dan ibadah optimal. Bismillah kita niatkan semua kegiatan pembelajaran dan aktifitas di kampus menjadi ibadah untuk meraup kebaikan bulan Ramadhan. Dalam bulan suci Ramadhan Prodi Akuakultur tetap melakukan kegiatan seperti biasanya yang telah disesuaikan dengan kebijakan dari Fakultas Pertanian dan Universitas Djuanda. Kaprodi Akuakultur menyampaikan bahwa kita bersyukur berada dalam kampus bertauhid sehingga dalam pelaksanaan puasa Ramadhan didukung penuh oleh fakultas dan universitas, dengan penyesuaian jadwal dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang mendorong kita untuk mengokohkan karakter kita sebagai seorang muslim. Segenap civitas akademika Prodi Akuakultur mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1445 H, mohon maaf lahir dan batin. (110324-AKU-Ramadhan).

Kata kunci: Akuakultur, bulan suci, Ramadhan, takwa