Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda melakukan kegiatan coaching PKM dalam rangka meningkatkan layanan terhadap mahasiswa. Layanan kemahasiswaan yang dilakukan Prodi Akuakultur  mencakup tiga bidang sebagai tindak lanjut dari pelayanan kemahasiswaan yang dilakukan oleh fakultas dan Universitas. Ketiga layanan tersebut adalah 1) penalaran, minat dan bakat, 2) kesejahteraan (bimbingan dan konseling, layanan beasiswa, dan layanan kesehatan, 3) bimbingan karir dan kewirusahaan. Pada kesempatan ini Prodi AKU mengimplementasikan layanan kemahasiswaan bagian pertama yaitu  penalaran, minat dan bakat. Layanan ini berupa coaching PKM secara berkelanjutan yang sinergi dengan upaya strategis untuk pengembangan Prodi AKU.

Upaya pengembangan Prodi melalui layanan kemahasiswaan bertujuan memperkuat persiapan tim PKM dengan lebih optimal dalam penyususnan proposal. Pendampingan PKM Prodi AKU dilakukan oleh pemateri (Dr. Eko Rini Farastuti, M.Si) secara terpadu melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah sosialisasi secara menyeluruh kepada semua pejabat srtuktural lingkungan Universitas Djuanda, dosen dan mahasiswa oleh universitas pada hari Senin, tanggal 5 Februari 2024. Sosialisai lanjutan dilakukan oleh Fakultas Pertanian yang berlangsung pada Selasa, tanggal 6 Februari 2024 dan kemudian sosialisasi parsial oleh Prodi AKU yang dilakukan pada hari yang sama. Kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh Prodi AKU adalah menampung dan mengakomodir ide mahasiswa. Tahap kedua adalah melakukan realisasi usulan ide dan pembentukan tim. Tahap ketiga adalah coaching/pendampingan terkait dengan konten PKM meliputi penyusunan pendahuluan, format, penyusunan/penulisan, perkembangan penulisan dan review proposal,  perbaikan hingga memastikan mahasiswa telah submit proposal. Kegiatan tersebut dilakukan secara maraton online dan offline dari tanggal 20, 23, 24, 26 dan 27 Februari 2024. Pertimbangan dilakukan pendampingan secara melekat adalah agar mahasiswa fokus dan optimal dalam penyusunan proposal PKM.

Pada kesempatan lain Kaprodi AKU Dr. Eko Rini Farastuti, M.Si menyampaikan kegiatan ini merupakan langkah prodi dalam mendukung pengembangan Prodi AKU melalui layanan kemahasiswaan. Upaya ini diharapkan menjadi  triger agar mahasiswa dapat mengembangkan penalaran, minat dan bakat selama menempuh pendidikan di program studi akuakultur.  Hal ini juga dapat meningkatkan prestasi mahasiswa dan daya saing lulusan. (270223-AKU-Coaching PKM).