BOGOR, CEKLISSATU - Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOMUniversitas Djuanda (Unida) akan mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Desa-desa Kabupaten Bogor. Menariknya, kegiatan yang disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini akan diikutkan oleh Mahasiswa Semester 6 untuk membangun bersama masyarakat. 

Dekan FISIPKOM Unida Ginung Pratidina menyampaikan, KKN yang akan dilaksanakan oleh FISIPKOM Unida merupakan hasil kerja sama antara Universitas Djuanda dengan Pemerintah Kabupaten Bogor. Melalui tema Bersinergi Membangun Bogor, Mahasiswa dan Dosen yang diterjunkan ke masyarakat akan mencoba hadir untuk menyelesaikan pilihan fokus di antaranya Penyelesaian Stunting, Penguatan UMKM, Peningkatan Partisipasi Politik dan Wajib Belajar 9 Tahun. 

"KKN tahun ini menarik karena akan dilaksanakan selama 40 hari. Setiap kelompok yang ada dari Mahaiswa Sains Komunikasi dan Administrasi Publik akan hadir di tengah masyarakat untuk melakukan kuliah kerja nyata dengan bimbingan dosen pendamping," kata Dekan Ginung saat Sosialisasi dan Pembekalan KKN, Senin (26/6/2023).

Dekan Ginung mengingatkan, kepada seluruh peserta KKN agar bisa menjaga etika, menjaga nama baik kampus dan tetap mengimplementasikan Pancadharma Universitas Djuanda yakni Tridharma Perguruan Tinggi serta Dharma Profesionalitas dan Dharma Ketauhidan. 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan (WD) Akademik FISIPKOM Unida Irma Purnamsari menyampaikan bahwa KKN merupakan implementasi ilmu dari Mahasiswa atas pembelajaran selama 6 semester karena salah satu syarat peserta KKN adalah sudah mengenyam pembelajaran sampai semester 6 dengan nilai IPK di atas 2,5. 

"Seluruh peserta akan menyusun laporan secara tertulis dan ujian. Selain itu juga kami arahkan untuk melakukan publikasi pengabdian masyarakat. Adapun program yang bisa dijalankan oleh peserta KKN Unida seperti penyuluhan pengembangan kapasitas sumber daya aparatur desa, pengembangan kapasitas kelembagaan hingga pelatihan digital marketing dan pelatihan keilmuan komunikasi lainnya," kata WD Irma. 

Wakil Dekan Nonakademik Maria Fitriah menyampaikan bahwa jumlah peserta KKN dari FISIPKOM berjumlah 136 Mahasiswa yang terdiri dari 47 mahasiswa dari Program Studi Administrasi Publik dan 89 Mahasiswa dari Sains Komunikasi. 

"Kami berharap Mahasiswa-mahasiswi FISIPKOM dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bersama masyarakat," katanya.

Ketua Panitia KKN FISIPKOM Unida yang juga Kepala Program Studi Administrasi Publik Faisal Tri Ramdani menyampaikan bahwa melalui KKN ini Universitas Djuanda ingin memberikan kontribusi untuk masyarakat Kabupaten Bogor.

Sumber : https://ceklissatu.com/news/fisipkom-unida-akan-terjunkan-136-mahasiswa-ke-14-desa-di-kabupaten-bogor-untuk-bersinergi-membangun-bogor