Dalam rangka milad ke-17 tahun, Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (Himakom) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Seminar Public Speaking Gana Communication Acalapati 2023 dengan tema “Explore Your Skills and Show Your Quality” yang digelar di Aula Gedung C UNIDA pada Sabtu 24 Juni 2023.

Kegiatan tersebut diisi oleh Public Speaking Coach dan Founder of Bravespeakers, Willy Tan dan dihadiri oleh Wakil Rektor I UNIDA, Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H beserta jajaran dan perwakilan pimpinan FISIPKOM UNIDA.

Wakil Rektor I UNIDA, Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H dalam sambutannya menyatakan komitmen UNIDA untuk terus mendorong kegiatan mahasiswa di luar akademik yang bermuara pada kompetensi dan profile lulusan, karena kompetensi dan profile lulusan menjadi tujuan setiap program studi di UNIDA.

“Kegiatan ini sangat baik untuk dilaksanakan karena sangat mendukung pencapaian kompetensi profile lulusan. Kompetensi itu sudah lulus kuliah bisa apa sedangkan profile lulusan itu setelah lulus jadi apa. Public speaking itu salah satu kompetensi yang tentunya sangat penting dimiliki oleh setiap mahasiswa UNIDA. Mari bersama-sama membangun UNIDA unggul dan berprestasi karena dengan prodi unggul maka mendorong fakultas dan universitas unggul juga,” ungkapnya.

Selanjutnya Perwakilan Pimpinan FISIPKOM UNIDA, Robby Firliandoko, S.I.Kom., M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun bagi Himakom. Public speaking ini menjadi sangat penting karena dalam sejarahnya menyatakan bahwa ilmu komunikasi diawali dengan public speaking.

“Siapa yang dapat dan menguasai public speaking maka dia dapat merubah dunia. Semoga peserta setelah selesai acara ini dapat menjadi good public speaker dan dapat merubah dunia menjadi lebih baik,” tuturnya.

Ketua Himakom, Muhamad Hilmi dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu ajang dari Himakom yang sangat penting untuk dilaksanakan, terlebih bahasan dalam seminar ini mengenai public speaking yang merupakan kemampuan yang sangat penting dan perlu dimiliki oleh mahasiswa.

“Diharapkan kegiatan ini menjadi wadah aspirasi, berkreasi dan ajang untuk lebih mencerdaskan kami sebagai mahasiswa, mari bersinergi dalam membangun peradaban bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Fajar Triwidadi Selaku Ketua Pelaksana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang mempersembahkan acara ini dari awal sampai akhir dan kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. Semoga Himakom FISIPKOM UNIDA dalam HUT ke 17 ini jaya dan suskes selalu.

Pada kesempatan yang sama, Public speaking Coach dan Founder of Bravespeakers, Willy Tan selaku narasumber memaparkan bahwasanya banyak manfaat yang didapat dari public speaking yang diantaranya meningkatkan self branding, mendapatkan kepercayaan, bisa mempersuasi dan meyakinkan, bisa menjalin lebih banyak relasi, memiliki value diri, menyampaikan pendapat, terbebas dari masalah, meningkatkan kualitas diri, meningkatkan karir dan pendapatan serta meningkatkan income. Dan public speaking itu sendiri bukanlah bakat dari lahir, melainkan sebuah keterampilan yang dapat dilatih. Oleh karena itu, maka setiap orang dapat menjadi public speaker tentunya dengan cara banyak berlatih dan belajar serte terus menambah jam terbang atau pengalaman.

“Ada 4 level public speaker, level pertama yaitu dalam level mengatasi rasa takut dan meguasai diri sendiri, level kedua yitu level dimana bisa membuat audience tertarik dan antusias dengan topik yang kamu bawakan, level ketiga dimana public speaker bisa membuat audience mengingat apa yang kamu sampaikan dan level keempat yaitu level dimana bisa membuat audience melakukan apa yang kamu sampaikan. 3 hal yang harus disiapkan dalam public speaking yaitu persiapan mental, fisik serta materi. Dan untuk 5 tips anti boring dalam public speaking yaitu facial expressioneye contactbody language, interaksi dengan audience, hilangkan filler words,” pungkasnya.