Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) Dr. (Cand) Ginung Pratidina, M.Si didapuk sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan bertajuk Studium Generale and Community Service bertemakan “Community Development” yang diselenggarakan oleh Kolej Uniti, Negeri Sembilan Malaysia, pada Selasa (13/6/2023).

 

Dalam paparannya, Dr. (Cand) Ginung Pratidina, M.Si menyampaikan terkait dengan Peran Perempuan dalam Pembangunan di Era 4.0, yang mana ini merupakan hasil dari Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan bersama Dosen FISIPKOM UNIDA lainnya yakni Maria Fitriah, S.Sos., M.Si, Cecep Wahyudin, M.A.P, Afmi Apriliani, M.A.P dan Muhamad Encep, S.Kom, MTI., MTA di Desa Kabandungan, Jawa Barat.

 

Dr. (Cand) Ginung Pratidina, M.Si menjelaskan bahwa fenomena global telah mengubah banyak hal, terutama dari cara hidup, bekerja hingga berinteraksi dengan alam.

 

"Namun yang terpenting dan perlu kita ketahui, perkembangan itu juga dapat mengurangi ketergantungan  masyarakat desa pada perambahan hutan sebagai sumber utama penghidupan. Sehingga masyarakat desa perlu diberi keterampilan baru untuk memiliki pola nafkah baru. Ada satu hal menarik yang kami temukan bahwa ternyata perempuan memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan potensi ekonomi keluarga baik sebagai pekerja, pengusaha maupun  memainkan peran dalam teknologi yang kreatif," katanya di depan Mahasiswa Kolej Uniti, Negeri Sembilan Malaysia.

 

Dr. (Cand) Ginung Pratidina, M.Si juga bercerita bahwa Desa Kabandungan di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, memiliki potensi pertanian dan wisata yang potensial untuk dikembangkan. Maka dari itu, melihat masalah dan potensi tersebut, dosen dan mahasiswa FISIPKOM UNIDA telah melakukan berbagai pelatihan untuk semakin mendukung pengembangan peran perempuan di Desa Kabandungan tersebut.

 

"Kami dari program Studi Administrasi Publik, Sains Komunikasi dan Ilmu Komputer melakukan pelatihan terkait pengenalan potensi lokal agar perempuan di sana dapat lebih mengerti potensi lokal yang dimiliki dan dapat dikembangkan. Selain itu kami juga memberikan pelatihan marketing dan digitalisasi promosi produk," jelasnya.

 

Terakhir, Dr. (Cand) Ginung Pratidina, M.Si menyampaikan bahwa kondisi dan studi kasus perempuan di Desa Kabandungan bisa saja terjadi juga di Malaysia, untuk itu dirinya mendorong mahasiswa Malaysia untuk menjadi agen perubahan agar memberikan dampak dan megembangkan kelompok-kelompok masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif.

 

Sebagai informasi, kegiatan Studium Generale and Community Service ini merupakan implementasi kerja sama antara UNIDA dengan Kolej Uniti, Negeri Sembilan Malaysia. Selain Dr. (Cand) Ginung Pratidina, M.Si, dosen UNIDA lainnya yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini yakni Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H (Chancellor UNIDA), Assoc. Prof. Dr. Rita Rahmawati, M.Si (Dekan Sekolah Pascasarjana), Assoc. Prof. Dr. Sri Harini, M.Si (Dekan Fakultas Ekonomi), Asst. Prof. Dr. Nurwati, S.H., M.H (Dekan Fakultas Hukum), serta Dr. (Cand) Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si (Kepala Sekolah Vokasi).