Universitas Djuanda laksanakan program kebhinekaan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dengan mengunjungi Kebun Raya Bogor, pada sabtu (23/09/2023). PMM merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sejak tahun 2020, program ini dilaksanakan dengan teknis mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk berkesempatan mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di indonesia sebagai upaya memberikan pengetahuan kebudayaan, dan memperkuat persatuan dalam keberagaman.

 

Kegiatan PMM dikemas dengan kegiatan Modul Nusantara yang terdiri dari kegiatan kebhinekaan, refleksi, inspirasi dan kontribusi sosial dan dilaksanakan dalam 16 pekan. Pada pekan pertama ini kegiatan berfokus pada kebhinekaan 1 yang mengangkat judul besar “Mari Mengenal Bogor” dengan berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

 

Faisal Tri Ramdani selaku Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda sekaligus Dosen Pembimbing Modul Nusantara kelompok 1 Sadulur Kadeudeuh PMM 3 Universitas Djuanda menyampaikan, harapannya untuk dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan tentang keindahan dan keberagaman budaya di Bogor bagi peserta PMM 3 yang berasal dari Perguruan Tinggi di seluruh wilayah Indonesia.  

 

"Untuk kegiatan kebhinekaan 1 ini saya sangat senang melihat peserta PMM 3 antusias mengeksplore keindahan dan sejarah dari Kebun Raya Bogor, semoga mahasiswa PMM lebih mengenal Bogor dan budaya sunda di Bogor sebagai upaya memperkaya pengetahuan dan mengenalkan warisan budaya bangsa," ungkapnya.

 

Selama pelaksanaan kegiatan di Kebun Raya Bogor peserta PMM 3 sangat senang dan antusias untuk mengabadikan momen dengan berfoto, membuat video, dan menggali informasi sejarah di Kebun Raya Bogor.

 

Ridho Rizkillah Universitas Negeri Medan selaku ketua kelompok 1 Sadulur Kadeudeuh PMM 3 Universitas Djuanda menyampaikan rasa senang dan antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan PMM3 Universitas Djuanda.

 

“Kegiatan hari ini sangat menyenangkan dan memberikan pengalaman baru bagi saya khususnya dapat lebih mengenal Bogor dengan berkunjung ke Kebun Raya Bogor, semoga untuk kegiatan disetiap pekan kedepan dapat lebih memberikan pengalaman dan memberikan pengetahuan bagi saya dan kawan-kawan peserta PMM 3 Universitas Djuanda,”ungkapnya.