Rekomendasi Cloud Storage Terbaik untuk Kamu

Rekomendasi Cloud Storage Terbaik untuk Kamu

Blog Single

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan akibat ingin menyimpan file secara online dengan data yang besar? Hal tersebut dapat kamu atasi dengan memanfaatkan cloud storage yang banyak disajikan di internet.

Era cloud computing sudah mulai menjadi gaya hidup saat ini. Hal tersebut tampak dari banyaknya layanan cloud storage alias penyimpanan awan yang tersedia sekarang ini. Selain menyimpan file, cloud storage juga menjadi alternatif terbaik untuk berbagi file dan mengerjakan tugas bersama orang lain.

Oleh karenanya, tak heran banyak orang yang mencari layanan cloud storage terbaik demi keperluan pekerjaan dan bisnisnya. Maka dari itu, berikut 5 rekomendasi cloud storage terbaik yang bisa kamu gunakan.

OneDrive

OneDrive merupakan layanan cloud storage dari Microsoft. OneDrive sudah tersedia secara langsung bagi pengguna Windows 8 dan Windows 8.1. OneDrive juga dapat digunakan di Web, Windows versi lama, Android, iOS, Windows Phone, dan Xbox apps. Kamu dapat menyimpan berbagai jenis file di layanan ini seperti foto, video, dokumen, dan lainnya.

Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah kombinasinya dengan program Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point. Ketika kamu membuka salah satu program tersebut, kamu akan melihat berbagai macam dokumen yang tersimpan di OneDrive pada daftar recent documents.

pCloud

Cloud storage yang berasal dari Swiss ini cocok digunakan jika kamu ingin menyimpan atau mengirim file dalam ukuran besar. Pasalnya, pCloud tidak memberikan batasan ukuran file tertentu untuk di-upload.

Kamu tidak perlu khawatir kehilangan datamu di pCloud. Cloud storage yang dirilis pada September 2013 ini memberikan opsi file versioning.

Bagi kamu yang sering berkolaborasi dengan tim dalam berbagai file, pCloud juga menyediakan fitur tersebut. Kamu bisa membagi rekan kerjamu dalam beberapa tim sehingga kerja sama pun berlangsung lebih lancar.

Dropbox

Dropbox merupakan layanan penyimpanan awan yang paling banyak disukai karena memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. Layanan ini juga dapat diakses dari berbagai platform seperti web, Mac, Windows, Linux (Ubuntu, Debian, Fedora, dll), iOS, Android, BlackBerry, dan Kindle Fire.

Kamu dapat menyimpan berbagai macam jenis file di Dropbox. Tidak ada batasan ukuran file yang dapat diunggah, namun semakin besar ukurannya maka semakin lama pula proses upload-nya. Tampilan yang dimiliki Dropbox ini sangat simpel sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Ketika mendaftar di Dropbox, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2GB. Jika mengikuti Getting Started tutorial, akan ada tambahan sebesar 250MB. Kemudian jika kamu mengaktifkan fitur automatic photo upload, maka kamu akan mendapatkan bonus lagi sebesar 3GB. Dan kamu juga akan mendapatkan bonus 500MB setiap mengajak teman untuk menggunakan layanan Dropbox ini.

iCloud

Jika OneDrive lebih dikhususkan untuk pengguna Windows, iCloud hanya dapat digunakan oleh pengguna Mac dan iOS.

Cloud storage ini dapat digunakan secara otomatis oleh pengguna device Mac dan iOS. Semua device yang terkoneksi dengan akunmu juga akan tersambung pada iCloud yang sama.

iCloud mampu melakukan back up atas kontak, kalender, bookmarks, notes, foto, dan data-data lainnya. Semua itu tersimpan secara aman dalam server online Apple.

Pengguna iCloud akan mendapat storage 5 GB secara gratis. Kamu bisa menambah storage hingga 50 GB dengan membayar 99 sen per bulan.

Google Drive

Google Drive dapat digunakan secara gratis oleh semua pengguna Google. Adapun device Android yang sudah terpasang otomatis dengan cloud storage terbaik yang satu ini.

Salah satu keunggulan Google Drive adalah fitur kolaborasinya. Pengguna Google dapat secara mudah menggunakan file di Google Drive secara bersamaan.

Muhammad Iqbal Mawardi . March 09, 2021

Related Posts: