Sebagai salah satu langkah untuk percepatan pencapaian visi menjadi Universitas riset yang menyatu dalam tauhid serta diakui oleh dunia, Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menjalin kerja sama dengan Mustakil Sanayici Ve Isadamlari Dernegi (MUSIAD) Indonesia dan Biru Marmara Edukasi.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) serta Memorandum of Agreement (MoA) di antara kedua belah pihak terkait dengan implementasi pancadarma serta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Rabu (24/3/2021) di Ruang Senat Kampus UNIDA Bogor dengan tetap merapkan protokol kesehatan.

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menuturkan, saat ini UNIDA Bogor terus berupaya untuk dapat mengembangkan jangkauan relasi kerja sama dengan berbagai institusi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menyebutkan bahwa Turki merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan proyeksi UNIDA Bogor untuk dapat meningkatkan kerja sama luar negeri yang dibangun. Penandatangan MoU serta MoA dengan MUSIAD Indonesia dan Biru Marmara Edukasi diharapkan dapat menjadi jalan pembuka bagi UNIDA Bogor untuk dapat meningkatkan kiprah di negara transkontinental tersebut sehingga dapat mempercepat pencapaian visi yang dimiliki.

“Jadi saya harapkan pertemuan ini bukan sekedar hanya MoU saja, tetapi mencari jalan dan celah untuk bersama-sama membangun peradaban manusia di Indonesia dan di Turki. Jadilah keluarga besar kami, mudah-mudahan Allah memberikan keberkahan kepada kita semua,” tutur Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Senada dengan yang disampaikan oleh Chancellor, Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyambut baik kerja sama yang terjalin. Lewat kerja sama yang ditanda tangani, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berharap ini menjadi sarana bagi kedua belah pihak mengembangkan dan meningkatkan institusi, khususnya melalui program MBKM yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Hari ini penandatanganan MoU dan MoA, ini jadi salah satu jalan untuk kita bersilaturahmi. Mudah-mudahan ke depan ini bisa menjembatani kita dalam kerja sama yang saling menguntungkan terutama kaitannya dengan penguatan dari masing-masing institusi. Tentunya dalam kesempatan ini, harapan kita bisa sama-sama ke depan mengembangkan suatu program bersama. Ini merupakan sarana untuk mengimplementasikan program-program yang sekarang di canangkan oleh pemerintah, yakni program MBKM,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam sambutannya.

Ini juga terkait dengan program dari percepatan visi UNIDA, yakni menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia. Oleh Pak Chancellor kita didorong untuk bekerja sama dengan luar negeri, salah satu diantaranya adalah Turki. Mudah-mudahan dengan kerja sama ini juga kita bisa sampai untuk kerja sama dengan beberapa institusi yang ada di Turki, baik itu institusi pendidikan ataupun industri,” tambah Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Sementara itu, Presiden MUSIAD Indonesia Doddy C. Hidayat Putra mengatakan UNIDA Bogor menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki visi besar sebagai kampus bertauhid. Dalam hal ini MUSIAD Indonesia dan Biru Marmara Edukasi juga berkomitmen sama untuk dapat memajukan umat serta bangsa.

“Bahagia sekali bisa bersilaturahmi ke Universitas Djuanda ini, InsyaAllah kita memiliki visi yang sama bahwa kita memang perlu dan harus mempersiapkan generasi ke depan untuk umat dan bangsa. Kita akan lakukan secara tataran praktisnya adalah nanti bagamana kita membuat kerjasama-kerjasama antara Universitas Djuanda dengan berbagai kampus  yang ada di Turki, yang pasti ini merupakan sebuah kesempatan yang kami sangat bahagia untuk kita bisa lakukan bersama-sama. Ini ikatan yang baik, InsyaAllah ,” tuturnya.

Dalam kegiatan penandatanganan kerja sama ini turut dihadiri pula Dewan Penyantun UNIDA Bogor Dr. Bambang Widjojanto, S.H., M.Sc, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I, serta Direktur Sekolah Pascasarjana dan para Dekan Fakultas di lingkungan UNIDA Bogor.