Sebuah catatan dalam rangka  Hari Keuangan oleh :  Maria Magdalena Melani, S.E., M.M

            Masyarakat Tanah Air tengah menyambut Hari Keuangan Nasional atau Hari Oeang Republik Indonesia. Peringatan ini resmi ditetapkan di Indonesia sejak 75 tahun yang lalu. Di Tahun 2022 , tepatnya pada Tanggal 30 Oktober, Indonesia memperingati Hari Keuangan Nasional. Peringatan Hari Keuangan Nasional tidak terlepas dari sejarah munculnya uang kertas pertama kali milik Bangsa Indonesia pada Tanggal 30 Oktober 1946. Dilansir dari website Kementerian Keuangan Republik Indonesia, setelah Indonesia merdeka, Presiden Republik Indonesia Soekarno mengeluarkan Maklumat Presiden Republik Indonesia 3 Oktober 1945 yang menentukan jenis-jenis uang yang sementara masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

            Hari keuangan nasional digelar untuk memperingati lahirnya mata uang pertama milik bangsa Indonesia, yaitu Oeang Republik Indonesia (ORI). Dalam keseharian banyak orang, uang telah menjadi kebutuhan yang sulit dilepaskan. Hal ini karena banyak aktivitas yang bersentuhan langsung dengan uang, mulai dari belanja kebutuhan pokok, pembayaran asuransi, pembayaran pinjaman, memiliki tabungan, investasi hingga pemberian sumbangan. Penggunaan uang dalam berbagai macam kebutuhan mencerminkan tingkat kesejahteraan masyarakat suatu negara. Di zaman globalisasi ekonomi ini, setiap negara tentunya memiliki mata uang resmi yang digunakan untuk bertransaksi sehari-hari. Ada beberapa negara yang sepakat menggunakan satu mata uang resmi saja. Ada banyak makna yang dapat kita peroleh dari kehadiran sebuah mata uang. Mata uang sebuah negara tidak hanya bermanfaat sebagai alat transaksi yang sah. Namun, mata uang juga berperan sebagai simbol kedaulatan suatu negara dan identitas suatu bangsa.

12 Fakta Menarik Dibalik Hari Keuangan Nasional  :

·         Rancangan Mata Uang Indonesia Setelah Kemerdekaan Indonesia

·         Oeang Repoeblik Indonesia Terbit Saat Ekonomi Indonesia Belum Stabil

·         Pergantian Menteri Keuangan Sebanyak Enam Kali Sebelum Terbitnya Rupiah

·         Indonesia Menerbitkan dan Mengedarkan Oeang Republik Indonesia

·         Mohammad Hatta Berpidato Menjelang Terbitnya ORI

·         ORI Pertama Kali Ditandatangani oleh A.A Maramis

·         Belanda Tidak Mengakui ORI

·         ORI Berubah Menjadi Uang RIS (Republik Indonesia Serikat) Setelah Indonesia Diakui Kedaulatannya

·         Bank Indonesia Dibentuk Sebagai Bank Sentral di Indonesia

·         Rupiah Diterbitkan Menggantikan Uang RIS

·         Rupiah Anjlok di Tahun 1998 Akibat Krisis Moneter

·         Bank Indonesia Merilis Rupiah Dengan Tampilan Baru di Tahun 2016

Hargai Rupiah Layaknya Bapak-Bapak Bangsa Memperjuangkannya

Dari paparan sejarah Hari Keuangan Nasional di atas, dapat kita lihat banyaknya fakta unik uang rupiah dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Indonesia untuk memberlakukan mata uang Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah. Setelah krisis moneter yang melanda Indonesia 20 tahun lalu perekonomian Indonesia semakin menunjukkan perbaikan yang signifikan. Hal ini juga dapat dilihat dari suksesnya Pertemuan Tahunan IMF dan World Bank Group yang baru saja diselenggarakan di Nusa Dua Bali Oktober 2018 lalu. Semoga dengan mengetahui fakta unik uang rupiah, kita bisa lebih menghargai mata uang rupiah, misalnya dengan menabung uang rupiah dan berinvestasi di pasar modal Indonesia untuk mengendalikan tingkat inflasi.

Jadi, mulailah hargai rupiah kita karena kalau bukan kita siapa lagi?

Referensi :

·         Arsip Makloemat Presiden RI No.1/10 , Arsip Sekretariat Negara RI No 409 (RA.6a), 3 Oktober 1945

·         Bank Indonesia, Statistik Ekonomi-Keuangan Indonesia, Maret 1993

·         Brealey, R., and Myers, S., 1991 Principles of Corporate Finance, McGraw Hill.

·         Margana, Sri dkk.,Keindonesiaan Dalam Uang : Sejarah Uang Kertas Indonesia 1945-1953, (Jakarta: Museum Bank Indonesia, 2018)

·         https://financer.com

·         https://www.kemenkeu.go.id