Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor ikut serta dalam Pelatihan dan Sertifikasi Perancangan Kontrak atau Legal Drafting yang digelar oleh Justitia yang termasuk dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) FH UNIDA Bogor. Pelatihan dan sertifikasi tersebut diselenggarakan secara daring oleh Justitia dan dilaksanakan secara luring oleh FH UNIDA Bogor di ruang kelas FH UNIDA Bogor serta pelatihan dan sertifikasi ini dilaksanakan pada 15 sampai dengan 18 September 2021 dan diikuti oleh 10 dosen FH UNIDA Bogor.

Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. dalam sesi wawancara menyatakan bahwa Pelatihan dan Sertifikasi Perancangan Kontrak ini merupakan bagian dari hibah PKKM sehingga membutuhkan tanggung jawab dari dosen yang diikutsertakan dalam pelatihan dan sertifikasi tersebut. Diharapkan ilmu yang diberikan oleh tim trainer dari Justitia ini dapat bermanfaat untuk dosen, mahasiswa dan khususnya untuk FH UNIDA Bogor.

“Diharapkan semua dosen yang mengikuti kegiatan tersebut dapat lulus semua dan dapat dipraktekkan kepada mahasiswa FH UNIDA Bogor serta kepada masyarakat yang nantinya membutuhkan perihal legal drafting tersebut. Poin inti dari pelatihan dan sertifikasi legal drafting ini adalah selain kita mendapatkan sertifikat tetapi juga ilmunya menyerap dan dapat kita tularkan kepada mahasiswa yang nantinya sebagai penerus kita selaku dosen FH UNIDA Bogor,” tutur Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. 

Ketua Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH. dalam sesi wawancara menyatakan bahwa yang dimaksud legal drafting tersebut adalah penyusunan-penyusunan dokumen kontrak yang berkaitan dengan segala bentuk perjanjian. Pelatihan dan sertifikasi legal drafting ini tentunya belum spesifik karena nantinya ada pelatihan lanjutan jika ingin lebih mengspesifikan atau memperdalam mengenai legal drafting tersebut. kegiatan pelatihan dan sertifikasi legal drafting merupakan kegiatan yang diarahkan untuk peningkatan kualifikasi dan kompetensi dosen dalam pengembangan mata kuliah yang diampu.

“Diharapkan kedepannya dosen akan menjadikan perencangan kontrak atau legal dranfting ini sebagai bagian dari profesi dosen yang mengikuti kegiatan ini serta diharapkan kedepannya lulusan FH UNIDA Bogor akan lebih banyak diarahkan ke berbagai profesi termasuk menjadi legal drafter yang nantinya informasi dan materi mengenai legal drafting ini akan disampaikan kepada mahasiswa FH UNIDA Bogor sehingga mahasiswa bisa menyusun strategi dan menyusun langkah jika berminat menjadi seorang legal drafter tersebut,” ungkap Ani Yumarni, S.H.I., MH.

Dosen FH UNIDA Bogor sekaligus peserta dalam kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Perancangan Kontrak, Hidayat Rumatiga, S.H.I., MH. dalam wawancara menyatakan bahwa manfaat dari mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Perancangan Kontrak ini tentunya menambah pengetahuan dan pengalaman dalam membuat legal drafting dan tahu secara detail bagaimana pelaksananaan pembuatan kontrak dan apa saja yang muncul akibat dari sebuah kontrak.

“Tentu dengan mengikuti pelatihan legal drafting ini untuk memahami betul legal drafting dan untuk meningkatkan kualitas saya sebagai seorang dosen dalam bidang hukum perdata dan kegiatan pelatihan legal drafting ini tentunya penting untuk dilaksanakan karena setiap dosen dituntut untuk professional dalam bidang hukum tertentu salah satunya menjadi seorang legal drafter,” ungkap Hidayat Rumatiga, S.H.I., MH.