Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor membuka sejumlah peluang kerjasama dengan PT. Yakult Indonesia Persada (YIP) dalam bidang  penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kunjungan industri, hingga konferensi internasional.

Pertemuan yang dilaksanakan pada Senin (15/4) di Kampus UNIDA Bogor tersebut, PT. Yakult Indonesia Persada (YIP) diwakili oleh Supervisor Marketing Communicator and Commercial Murjoko serta Manager Marketing Communicator and Commercial Zulkarnain, yang diterima langsung oleh jajaran Direktorat Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri (DKHLN) UNIDA Bogor.

Hadir pada kesempatan itu, Direktur DKHLN UNIDA Bogor Muhammad Agus Mulyana, MA  yang menyambut baik penjajakan kerjasama yang dilakukan. Dalam sambutannya, Muhammad Agus Mulyana, MA menyampaikan bahwa saat ini Universitas Djuanda Bogor berada di peringkat ke-66 perguruan tinggi se-Indonesia baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta berdasarkan penilaian yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2018.

“Alhamdulillah, Universitas Djuanda Bogor saat ini menempati peringkat ke-66 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, dalam pemeringkatan riset kami sudah berada pada tingkatan cluster utama,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut perlu disampaikan karena terkait kerjasama yang dapat menjadi strength point antara kedua belah pihak. Lebih jauh Muhammad Agus Mulyana, MA menyampaikan Universitas Djuanda Bogor telah melakukan beberapa kerjasama dengan perusahaan dari Jepang dan Taiwan terkait dengan bidang yang sama yang dijajaki dengan PT. Yakult Indonesia Persada.

“Kami telah banyak melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan maupun lembaga riset yang berasal dari Jepang dan Taiwan. Seperti kerja lapang mahasiswa disana, serta kerjasama lain khususnya terkait halal food,” tuturnya.

Perlu diketahui bahwa Universitas Djuanda Bogor memiliki Fakultas Ilmu Pangan Halal yang menjadi satu-satunya fakultas di Indonesia yang mempelajari pangan halal.

Sementara itu, Supervisor Marketing Communicator and Commercial PT. YIP Murjoko memaparkan, PT. YIP merupakan perusahaan multinasional yang berdiri sejak tahun 1935 yang memproduksi minuman susu permentasi. PT. YIP terus mengembangkan pasarnya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi minuman kesehatan probiotik.

Perihal kerjasama, Murjoko menjelaskan bidang kerjasama yang dapat dijalin dengan UNIDA Bogor. Ruang lingkup kerjasama yang ditawarkan diantaranya yakni dalam bidang penelitian, kunjungan industri mahasiswa, pengabdian kepada masyarakat, serta lowongan kerja bagi alumni UNIDA Bogor.

Adapun penambahan ruang lingkup kerjasama yang ditawarkan oleh UNIDA Bogor yaitu program internship mahasiswa, sponsorship kegiatan, serta konferensi internasional.