Tingkatkan Mutu, BPM UNIDA Benchmarking ke BPM UNISBA

Tingkatkan Mutu, BPM UNIDA Benchmarking ke BPM UNISBA

Blog Single

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Djuanda (UNIDA) pada hari Senin, 18 Maret 2024 laksanakan Eksternal Benchmarking Mutu ke BPM Universitas Islam Bandung (UNISBA).

Benchmarking ini mengusung Tema "Penguatan Implementasi SPMI Menuju Perguruan Tinggi Unggul" yang dilaksanakan di ruang Auditorium Lt. 8 Dekanat UNISBA. Dalam Kesempatan ini dihadiri oleh Bapak Dr. Irman Suherman, M.Pd. selaku Kepala BPM UNIDA, Bapak Teguh Prasetyo, M.Pd. selaku Kepala Bidang SPMI, dan Ibu Arti Hastuti, M.T.P. selaku Kepala Bidang PkM, Luaran dan Capaian.

Adapun yang menjadi narasumber kegiatan ini adalah Dr. Rini Lestari, SE., M.Si., Ak., CA. selaku Ketua BPM yang juga didampingi Tim BPM UNISBA. UNISBA menerapkan SPMI berbasis risiko yang memungkinkan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam proses penilaian resiko  di program studi dan fakultas. Contoh nyata dari penerapan ini adalah ketika menghadapi risiko seperti ketidakstabilan jaringan saat perkuliahan online, universitas merespons dengan memberikan solusi dan tindak lanjut yang sesuai. Analisis risiko dilakukan secara terstruktur dengan menyusun matriks analisis risiko pada awal semester, yang terkait langsung dengan target penjaminan mutu. Panduan tata kelola Islami juga memperhatikan aspek risiko ini, menjadikannya dasar dalam penilaian risiko. 

Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan di UNIDA dan mampu mewujudkan UNIDA unggul.

 

Septian Maulana - BPM UNIDA

Related Posts: