Senin (18/3/2019) - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Universitas Djuanda Bogor melalui Kementrian Sosial bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela (UKM-KSR) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Sukabumi kembali menghelat aksi sosial berupa Donor Darah yang diselenggarakan di PUSKESMA UNIDA.

Aksi sosial donor darah ini merupakan salah satu rangkaian perayaan March UNIDA Festival (Marund Fest) 2019 yang ditujukan bagi masyarakat yang ada di sekitar kampus, khususnya bagi mahasiswa-mahasiswi Universitas Djuanda Bogor.

Ketua Pelaksana kegiatan, Inda Sri Mulya mengatakan kegiatan ini bermaksud untuk mengajak mahasiswa-mahasiswi Universitas Djuanda Bogor untuk lebih peduli dan berbagi dengan darah yang didonorkan.

“Mendonorkan darah merupakan salah satu cara untuk berbagi antar sesama, setetes darah sangat berarti untuk mereka yang membutuhkan, maka dari itu kami menghelat kegiatan yang bertujuan mulia ini,” tuturnya.

Adapun alur pertama untuk kegiatan ini yaitu registrasi pendonor, orang yang akan mendonorkan darahnya diwajibkan untuk mengisi form dari pihak PMI. Sebelum ke tahap selanjutnya,  mahasiswa diperiksa kesehatannya terlebih dahulu.

“Pendonor akan diperiksa kesehatannya baik itu kadar Hb, tekanan darah maupun cek kesehatan lainnnya. Setelah itu, pendonor yang memenuhi kriteria dapat dipersilahkan untuk langsung melakukan donor darah,” lanjut Inda.

Acara ini dilakukan dari pukul 08:30 WIB - 12:00 WIB. Dari waktu yang disediakan untuk mendonor terlihat bahwa antusias mahasiswa yang hendak mendonor tinggi walaupun tidak semua yang registrasi memenuhi kriteria kesehatan untuk mendonor .

Jumlah pendonor yang mendaftar ada lebih dari 60 orang pendonor. Namun, ada yang tidak dapat mendonorkan darah dikarenakan tidak lolos dalam kriteria kesehatan yang ada. Salah satu masalah utamanya adalah kadar Hb calon pendonor yang rendah.

Pihak PMI sendiri menyediakan 70 kantong darah dan menurunkan 4 petugas yaitu Bapak Wahyu Samantri dan Bapak Agus Sukisman dibagian pengecekan kesehatan, serta  Ibu Sinta Saprianti dan Bapak Aiman Abdurrahman dibagian pendonoran darah.

Salah satu peserta donor, Galvania Irwansyah mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh BEM-KM UNIDA ini. “Alhamdulillah, semoga kegiatan donor darah seperti ini dapat terus dilaksanakan dan dirutinkan, mengingat begitu penting serta mulianya tujuan untuk selalu berbagi.” Ujar mahasiswi Fakultas Ekonomi tersebut.