Palang Merah Indonesia pemda Kabupaten Sukabumi dan Palang Merah Indonesia Pemda Kabupaten Cianjur serta Korps Sukarela Mahasiswa (KSR) Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) laksanakan kegiatan Donor Darah sebagai bentuk kepedulian bagi sesama (23/10). Kegiatan yang diprakarsai oleh KSR UNIDA dilaksanakan di lobby Gedung E & F UNIDA dengan mengangkat tema “Setetes Darah Kita, Sejuta Harapan Untuk Mereka”.

Diki selaku Komando KSR UNIDA periode 2019-2020 sekaligus mahasiswa UNIDA jurusan Teknologi pangan menjelaskan bahwa banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh kita ketika sudah melakukan donor darah.

“Kegiatan donor darah ini merupakan bentuk pengamalan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian  kepada masyarakat, dimana dengan keikutsertaan kita dalam kegiatan ini kita dapat membantu teman-teman kita yang membutuhkan,”. Paparnya.

Tidak semua pendaftar dapat melakukan donor darah, karena terdapat kriteria serta ketentuan tertentu dengan keadaan pendonor yang tentunya harus sehat, seperti tidak begadang, tidak meminum alkohol dan harus melakukan tensi darah sebelumnya.

“Jumlah pendonor yang terdaftar saat ini berjumlah 250 orang kemudian yang kemudian nantinya akan melakukan pengecekan terlebih dahuu sehingga diterima hanya setengah dari jumlah pendaftar sesuai dengan persyaratan dan tes pendonor yaitu tekanan darah dan berat badan mencukupi tidak boleh begadang dan darah harus stabil,”. Tambahnya.

Ditemui di lokasi salah satu pendonor darah firly mahasiswa UNIDA menyebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh KSR UNIDA ini merupakan kegiatan yang sangat bagus dan wajib dilaksanakan secara rutin, guna memberikan manfaat bagi kita sebagai pendonor dan bagi saudara-saudara kita diluar sana yang membutuhkan uluran bantuan kantong darah.

 

“Saya rutin mengikuti kegiatan donor darah karena dengan melakukan donor darah banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, dan semoga kegiatan sosial kemanusiaan seperti ini dapat berjalan secara rutin untuk kebaikan kita bersama,”. Jawab Firly dalam wawancara.

Rektor UNIDA Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyampaikan bahwa kesehatan adalah sebuah nikmat yang kita terima dan merupakan sebuah anugerah dari Allah SWT yang harus kita syukuri bersama dan tentunya wajib bagi kita untuk dapat saling berbagi dan menolong sesama.

“Tentunya sebuah kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT untuk kita karena telah memberikan kesehatan untuk kita agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik, Rasulullah SAW. bersabda: "Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain", salah satu upaya dan cara untuk dapat bermanfaat bagi orang lain yaitu dengan mengikuti kegiatan kemanusiaan seperti yang dilakukan oleh KSR UNIDA yaitu kegiatan donor darah. Sesuai dengan tema acara yaitu “Setetes Darah Kita, Sejuta Harapan Untuk Mereka”, mari kita ikut mendonorkan darah guna membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, dan melalui donor darah kita dapat merasakan manfaat bagi diri kita sendiri yaitu membantu diri kita terhindar dari resiko penyakit jantung,  menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan bagi yang obesitas, dan juga membuat kita lebih sehat. Mari kita ikut mendonorkan darah bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,”. Tutur Rektor UNIDA.  _FTR_.