Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama Universitas Asahan (UNA) selenggarakan penandatanganan MoU dan MoA mengenai kerjasama antara Fakultas Hukum (FH) dan Magister Hukum (MH) serta FH dan MH UNA yang dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings (16/11). Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, Sekretaris Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI), H. Muhammad Syafi’i, SH, Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. dan Direktur Pascasarjana UNIDA Bogor, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si. serta di pihak UNA dihadiri oleh Wakill Rektor I Universitas Asahan, Dr. Sri Rahayu, M.Pd. beserta jajaran, Dekan FH UNA, Dr. Bahmid, SH., M.Kn. Kerjasama ini mengenai pendidikan dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dekan FH UNA, Dr. Bahmid, SH., M.Kn. dalam sambutannya menyatakan bahwa hari dilaksanakannya kegiatan penandatanganan MoU dan MoA yang dimana sudah didukung oleh pemerintah pada kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan kerjasama ini diharapkan akan memberikan dampak positif atau berdampak langsung pada implementasi kerjasama seperti yang sudah direncanakan yaitu pertukaran dosen sementara untuk peetukaran mahasisea sudah dilaksanakan dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) pada Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM).

"Diharapkan juga kerjasama ini nantinya memberikan banyak manfaat dan banyak kegiatan yang akan dilaksanakan secara bersama seperti pertukaran artikel, dosen dan mahasiswa dan kerjasama ini diharapkan juga berkelanjutan bukan hanya pada saat program dari Kemendikbudristek saja. Dan pada saat ini tidak ada program studi yang besar sendiri tetapi membutuhkan kerjasama dengan universitas lainnya terutama pada program MBKM. Universitas akan berperan dalam kemajuan  UNIDA Bogor begitupun sebaliknya. Kedepannya UNIDA Bogor dan UNA maju bersama baik di tingkat nasional maupun internasional," tutur Dr. Bahmid, SH., M.Kn.

Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. dalam paparan sambutannya kerjasama ini tindak lankut dari Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Swasta Seluruh Indonesia (PPTHI) dan sekarang ini universitas harus melaksanakan MBKM yang dimana dibutuhkannya kerjasama dan jejaring yang luas dalam pelaksanaannya dan untuk pelaksanaan kegiatan PMM ini belum ada MoU karena mahasiswa daftar online dan saat ini kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan MBKM,” ungkap Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH.

Wakill Rektor I Universitas Asahan, Dr. Sri Rahayu, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat pada pelaksanaan PMM yang dimana mahasiswa dapat banyak manfaat dan banyak ilmu serta manfaat yang didapat dari pelaksanaan PMM tersebut.

“Hari ini kegiatan pendantanganan MoU Fakultas dan Magister Hukum diharapkan dapat memberikan manfaat bagi FH UNA begitu pun sebaliknya dan diharapkan kerjasama ini tidak terputus yang nantinya tetap dijalin komunikasi dalam setiap pelaksanaan kerjasama. Mudah-mudahan Allah meridhoi dalam setiap kegiatan pelaksanaan kerjasama ini,” ungkap Dr. Sri Rahayu, M.Pd.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya menyatakan kerjasama ini dapat dikatakan unik karena berbarengan dengan pelaksanaan PMM dari Kemendikbudristek dan diharapkan pelaksanaan kegiatan ini nanti banyak dalam implementasinya.

“Mudah-mudahan ini menjadi kunci fakultas lain untuk melaksanakan MoA penilaian kinerja dari Kemendikbudristek yang dimana bobot tertinggi yaitu pelaksanaan dari kerjasamanya. Dan diharapkan kedepannya diperluas lagi cakupan kerjasamanya, diharapkan juga Kita bisa terus menerus secara konsisten dalam pelaksanaan kolaborasi ini dan pada saat ini jika jalan sendiri itu sulit tetapi dengan kolaborasi akan maju bersama-bersama,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Sekretaris Umum YPSPIAI, Muhamad Syafi’i menambahkan hari ini hari yang bersejarah dimana Universitas Asahan yang sebelumnya sudah mengirimkan mahasiswa PMM sebanyak 14 orang yang menjadi awal terwujudnya penandatanganan kerjasama khususnya untuk FH dan MH UNIDA Bogor dan diharapkan kerjasama ini memberikan manfaat kepada kedua belah pihak dan dapat berjalan dengan lancar walau di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini,” pungkas Muhamad Syafi’i.