Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) bekerja sama dengan Liputan6.com menyelenggarakan kegiatan bertajuk Roadshow Cek Fakta dengan tema "Buanglah Hoaks pada Tempatnya, Bersama Gen Z Membangun Generasi Melek Literasi", Jumat (26/04/2024).

Bertempat di Aula BYC Gedung EF Lantai 5 Kampus UNIDA, rangkaian kegiatan diawali dengan penandatanganan kerja sama. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan Redaktur Pelaksana Liputan6.com Edu Krisnadefa dan Wakil Dekan Non Akademik FISIP UNIDA Maria Fitriah, S.Sos., M.Si.


Para peserta yang merupakan mahasiswa dan siswa-siswi SLTA se-Kabupaten Bogor ini juga diberikan Pelatihan Cek Fakta, Pelatihan MoJo (Mobile Journalism), hingga kuis dan games berhadiah.

Hadir memberikan sambutan, Wakil Rektor IV UNIDA Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si menyampaikan bahwasanya memang saat ini informasi hilir mudik dengan sangat mudah diterima melalui gadget. Sehingga, sudah seharusnya agar setiap informasi apapun dapat disaring terlebih dahulu. Artinya, informasi yang diterima perlu dikonfirmasi kembali agar terjamin kepastian benar atau salahnya.

“Literasi apapun itu adalah sunnatullah. Termasuk dalam hal informasi apapun tergantung kita menerima informasi tersebut sebagai kebaikan atau membawa kita kepada keburukan. Oleh karena itu, kita harus sikapi dengan baik dan benar,” ujarnya. 

Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si menuturkan, terkait dengan literasi yang diajarkan oleh Rasulullah SAW tersebut, menjadi salah satu nilai yang wajib dimiliki oleh mahasiswa UNIDA.

“Di UNIDA, ada indikator yang termasuk pilar Local Wisdom dalam 21 Nilai Karakter Tauhid untuk mengeliminir sesuatu yang tidak baik. Pertama, Bageur. Artinya kita menerima informasi dengan baik. Kedua, Bener. Berarti kita harus bisa membedakan mana yang baik dan benar, tanyakan kepada diri dan hati kita sendiri. Ketiga, Pinter. Bagaimana kita bisa memilah informasi yang baik untuk kita," ungkapnya. 

Dalam sesi talkshow, Redaktur Pelaksana Liputan6.com Edu Krisnadefa mengemukakan bahwa UNIDA menjadi titik nol dimulainya kegiatan roadshow yang dijalankan oleh tim Cek Fakta Liputan6.com. Nantinya, kegiatan roadshow ini akan dilanjutkan dengan mengunjungi 6 sampai 7 kampus di beberapa kota.

“Di program ini, kita awali di UNIDA sebagai titik nol roadshow. Tujuannya, yaitu bagaimana kita mengajak generasi muda untuk lebih aware terhadap literasi. Cek fakta adalah kewajiban kita, khususnya generasi muda sebagai agen perubahan. Hal ini juga sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh agama kita seperti apa yang tadi disampaikan oleh Bapak Wakil Rektor,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Non Akademik FISIP UNIDA Maria Fitriah, S.Sos., M.Si mengajak para peserta yang hadir untuk terus berupaya memberantas hoaks. Salah satunya ialah dengan menggunakan platform Cek Fakta yang difasilitasi oleh Liputan6.com.

“Cek faktanya, bukan katanya. Maka dari itu teman-teman Gen Z, manfaatkanlah HP untuk berliterasi. Jika melihat info di TikTok atau Instagram, cek kembali informasi tersebut melalui media yang terpercaya. Jadikan HP ini sebagai alat untuk edukasi meningkatkan literasi,” ujarnya.