humas@unida.ac.id 0251-8240773
Kerjasama

Delegasi UNIDA Hadiri Matchmaking and Living Lab Launch with NL Knowledge House, Jajaki Peluang Kerja sama dengan Nuffic Southest Asia Netherland

Kantor Urusan Internasional Universitas Djuanda (UNIDA) dan perwakilan Dosen Fakultas Pertanian (FAPERTA) UNIDA hadiri undangan kegiatan Matchmaking and Living Lab Launch with NL Knowledge House, pada Kamis 20 Juni 2024.

Kegiatan matchmaking ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Southeast Asia untuk menjembatani perguruan tinggi di Belanda yang ingin melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi dan institusi yang ada di Indonesia melalui program penelitian dan pengabdian.

Mega Febriani Sya, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Kantor Urusan Internasional UNIDA menyatakan bahwa kegiatan ini dapat membuka peluang kerja sama dengan institusi-institusi yang ada di Belanda, terlebih kegitan living lab yang menjadi kegiatan konkrit kerja sama internasional.

"Harapannya mahasiswa dari UNIDA ada yang ikut project tersebut, selain penguatan networking juga pengalaman kegiatan penelitian dan pengabdian internasional,” ungkapnya.

 

Pada tahun ini, matchmaking juga mengadakan Launching Living Lab salah satunya di Kampung Susun Kunir, dengan tujuan untuk mengeksplorasi lebih jauh peluang kolaborasi dalam inisiatif living lab mengenai transisi energi terbarukan dan mitigasi perubahan iklim,

Dalam kesempatan ini, dilakukan diskusi dengan warga Kampung Susun Kunir terkait permasalahan dan peluang pengembangan Kampung Susun Kunir melalui berbagai disiplin ilmu seperti Agriculture, Urban Studies, Apploed Science, Business, Public Policy, Product Design, Engineer, and Tourism. Termasuk rencana kegiatan living lab project kolaborasi  mahasiswa Belanda dan Indonesia pada bulan September 2024 hingga bulan Januari 2025.