humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

FISIP UNIDA Lepas Mahasiswa KKN di Kecamatan Cisarua, Wujud Bakti dan Cita Membangun Indonesia dari Desa

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “UNIDA Turut Membangun Desa, Bakti dan Wujud Cita pada Indonesia”. Kegiatan pelepasan mahasiswa KKN ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Selasa, 16 Juli 2024.




Turut hadir Wakil Rektor II UNIDA, Prof. Dr. Henny Nuraeny, S.H., M.H, Dekan FISIP UNIDA, Dr. Rita Rahmawati, Drs., M.Si beserta jajarannya, Camat Kecamatan Cisarua sekaligus Heri Risnandar, S.STP dan diikuti para dosen dan mahasiswa FISIP UNIDA.

 

Wakil Rektor II UNIDA, Prof. Dr. Henny Nuraeny, S.H., M.H dalam sambutannya menuturkan bahwa KKN yang dilaksanakan akan berfokus pada pemecahan permasalahan yang ada di setiap desa, seperti terkait stunting, pembinaan UMKM, ataupun sosialisasi PILKADA yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.



 

Prof. Dr. Henny Nuraeny, S.H., M.H menambahkan bahwa Cisarua merupakan daerah wisata yang memiliki potensi UMKM. Sejalan dengan hal tersebut, UNIDA memiliki target untuk mewujudkan “One Village, One Product”.

 

Sementara itu, Wakil Dekan Non Akademik FISIP UNIDA, Maria Fitriah, S.Sos., M.Si dalam menyampaikan, KKN ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada semester 6, dan KKN tahun ini diikuti oleh 85 orang mahasiswa yang ditempatkan pada 7 desa di wilayah Kecamatan Cisarua.

 



Maria Fitriah, S.Sos., M.Si berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berharga dan turut berkontribusi mengembangkan pembangunan di Kabupaten Bogor.

 

Pada kesempatan yang sama, Camat Kecamatan Cisarua, Heri Risnandar S.STP yang juga merupakan mahasiswa Magister Administrasi Publik Sekolah Pascasarjana UNIDA mengungkapkan bahwa masyarakat membutuhkan mahasiswa untuk membantu menyelesaikan isu-isu di masyarakat.