humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Implementasi Program ISS-MBKM, UNIDA Adakan FGD Tata Laksana MBKM Berbasis Sistem Informasi Manajemen Terintegrasi

Dalam rangka pelaksanaan Program ISS-MBKM melalui dukungan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2024, Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bertema “Tata Laksana MBKM Berbasis Sistem Informasi Manajemen MBKM Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)”, pada Rabu, 24 Juli 2024 di Ruang Serbaguna Sekolah Pascasarjana UNIDA.

Hadir dalam kegiatan FGD ini Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Rostamy, S.H., M.H, Rektor UNIDA Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I beserta para Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan Akademik, serta para Kepala Biro unit kerja terkait.

Dalam FGD ini juga mengundang narasumber dari Universitas Khairun, yakni Dr. Hasan Hamid, M.Si dan Ir. Salkin Lutfi, S.Kom., M.T, serta dari Universitas Pelita Harapan, yakni Wiputra Cendana, B.Sc., M.Pd dan Victoria Noble, S.Psi.

Wakil Rektor I sekaligus Ketua Tim Taskforce PKKM UNIDA, Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan FGD ini menjadi salah satu realisasi implementasi program hibah PKKM, yang pada tahun 2024 UNIDA mendapatkan hibah ISS-MBKM.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNIDA Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I menuturkan, program MBKM menjadi suatu hal positif karena salah satunya dapat mengakomodir kebutuhan industri dengan lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Namun, pada pelaksanaannya memang terdapat beberapa kendala, seperti halnya terkait dengan konversi dan lainnya.

Oleh karena itu, Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I mengatakan perlu adanya sebuah sistem yang terintegrasi untuk memudahkan pelaksanaan program MBKM, khususnya mengenai pelaporan melalui sistem yang terintegrasi tersebut.

Sementara itu, Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dalam pengarahannya menyampaikan terkait dengan “Delivery Mechanism 21 Nilai Karakter Kampus Bertauhid yang Terintegrasi dengan Pancadarma”.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menyampaikan, UNIDA memiliki visi jelas yakni Menjadi Universitas Unggul untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa yang Menyatu dalam Tauhid dan Diakui Internasional. Dalam mewujudkan visi tersebut, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai karakter kampus bertauhid dengan Pancadarma dalam setiap aspek kegiatan akademik dan non-akademik di UNIDA, termasuk dalam pelaksanaan program MBKM.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H juga menjelaskan bahwa 21 nilai karakter kampus bertauhid yang telah dirumuskan oleh UNIDA menjadi landasan dalam pengembangan sistem informasi manajemen MBKM. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan UNIDA memiliki kecerdasan yang utuh dan menyeluruh, tidak hanya kecerdasan intelektual, tetapi lulusan dibentuk agar memiliki kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, kecerdasan praktikal, dan kecerdasan moral.

Setelah sesi pembukaan, pada pembahasan pertama disampaikan mengenai kebijakan tata kelola MBKM berbasis sistem informasi manajemen oleh Dr. Hasan Hamid, M.Si dan Wiputra Cendana, B.Sc., M.Pd, lalu pembahasan mengenai pengembangan sistem informasi manajemen MBKM terintegerasi sistem informasi akademik oleh Ir. Salkin Lutfi, S.Kom., M.T dan Victoria Noble, S.Psi. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi lebih rinci dan mendalam.