humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Insan UNIDA Laksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Baitul Hamdi, Khotib Ajak Tingkatkan Taqwa Melalui Rasa Syukur

Insan Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama keluarga besar Yayasan Pendidikan Amaliah Djuanda melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah di Masjid Baitul Hamdi, pada Senin 17 Juni 2024. Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha ini, Ustadz Saddam Husein, SH., MH menjadi imam, Ustadz Dede Syahrudin, S.AP., M.A.P sebagai bilal sedangkan Khotib oleh Dr. Ridwan Haris, M.Ed.

Turut hadir diantaranya, Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH, Pro Chancellor UNIDA Dr. Abraham Yazdi Martin, SH., M.Kn, Ketua Umum Yayasan Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I, beserta jajaran pimpinan lainnya.

 

Sebelum pelaksanaan shalat, terlebih dahulu Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menyampaikan terkait dengan pelaksanaan peringatan Idul Adha 1445 H di lingkungan Yayasan Pendidikan Amaliah Djuanda.

 

Kemudian, dalam Khutbah yang disampaikan oleh Dr. Ridwan Haris, M.Ed, dijelaskan mengenai sejarah berkurban yang menjadi salah satu perintah dari Allah SWT sejak pada zaman Nabi Adam AS, lalu zaman Nabi Nuh AS hingga zaman Nabi Ibrahim AS bersama puteranya, yaitu Nabi Ismail AS.

“Allah SWT menjanjikan akan menambah yang jauh lebih besar nanti di akhirat sebuah keindahan dan kenikmatan dibandingkan di dunia,” ujar Dr. Ridwan Haris, M.Ed terkait pelaksanaan ibadah qurban.

Dr. Ridwan Haris, M.Ed  mengisahkan, Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar dalam menjalankan perintah Allah SWT dilakukan dengan penuh keyakinan, sehingga, Allah SWT pun berjanji bahwa tidak akan meninggalkan dan menyia-nyiakan orang yang beriman dan bertaqwa, demikian halnya dalam pelaksanaan ibadah haji yang penuh dengan pengorbanan.

“Kita tidak diuji seberat Nabi Ibrahim AS, maka ibadah qurban menunjukkan sebuah pengorbanan kita, itu juga menunjukkan kepatuhan kita. Salah satu ayat bahkan mengemukakan bahwa sesungguhnya shalat, hidup dan mati hanya untuk Allah SWT,” terang Dr. Ridwan Haris, M.Ed.