humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

International Community Service Program, Delegasi UNIDA Dampingi UKM di Pulau Pinang Malaysia Tata Kelola Usaha dan Pemasaran Digital

Selepas kunjungan ke Universiti Utara Malaysia (UUM) pada hari kedua, Selasa (11/06/2024) rangkaian kegiatan delegasi Universitas Djuanda (UNIDA) dilanjutkan dengan mengunjungi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malaysia. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan UKM di Pulau Pinang yang bergerak di bidang produksi sambal.

 

Kegiatan pendampingan ini difokuskan untuk membantu UKM tersebut agar dapat bertahan di tengah persaingan dengan pengusaha bermodal besar. Mewakili delegasi UNIDA, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA, Dr. Rita Rahmawati, M.Si yang akrab dipanggil Dekan Rara, mengatakan bahwa dilihat dari aspek kemasan produk UKM sudah sangat baik. Namun, menurutnya, masih diperlukan beberapa perbaikan dalam tata kelola usaha dan pengembangan usaha melalui pemasaran digital yang lebih optimal.

 

"Dilihat dari aspek kemasan, UKM ini sebenarnya sudah bagus. Hanya perlu polesan di bidang tata kelola usaha dan mengembangkan usaha melalui pemasaran digital yang lebih optimal," ujar Dekan Rara.

 

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIDA Prof. Dr. Sri Harini, M.Si menambahkan perlunya peningkatan marketing yang berbasis digital untuk meningkatkan usaha kecil menengah agar dapat bertahan di era global.

 

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum (FH) UNIDA Dr. Nurwati, S.H., M.H menekankan pentingnya pendaftaran merek dagang untuk melindungi hak-hak produsen.

 

Turut hadir memberikan pendampingan, Dekan Fakultas Agama Islam dan Pendidkan Guru (FAIPG) UNIDA Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., M.C.E menuturkan bahwa kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UKM di Pulau Pinang dan membantu untuk lebih kompetitif di pasar.

"UNIDA terus berkomitmen dalam mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah melalui berbagai program pengabdian masyarakat yang berkelanjutan, baik di lingkup dalam maupun luar negeri pada skala internasional," ungkap Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., M.C.E.