humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Jadi Narasumber di Universiti Teknologi Malaysia, Rektor UNIDA Uraikan Persamaan Kinetika Baru dari Transfer Massa untuk Berbagai Aplikasi

Rektor Universitas Djuanda (UNIDA) Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menjadi narasumber dalam kegiatan bertajuk Sharing Session: New Kinetic Equations off Mass Transfer for Different Applications yang diselenggarakan oleh Faculty of Civil Engineering Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada Selasa (11/6/2024).

Dalam kesempatan ini, Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D memaparkan mengenai pengantar model kinetika baru berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukannya.

 

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menjelaskan bahwa model kinetika baru ini dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi, seperti proses pemisahan bahan kimia, pengolahan air limbah, dan pengembangan teknologi ramah lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi proses dan mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas industri.

Model “Mass Transfer Factor” dan “Modified Mass Transfer Factor” adalah model yang dikembangkan sendiri oleh Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D selama ini dan telah dijadikan sebagai referensi ilmiah pada beberapa jurnal terakreditasi internasional dan berfaktor dampak tinggi.  Model faktor transfer massa itu sendiri telah mulai dikenal sebagai “Fulazzaky’s Equation”.

 

Sebagai informasi, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D merupakan salah satu ilmuwan Indonesia yang masuk dalam Top 2% World Scientist tahun 2021 dan 2022 berdasarkan data yang dirilis oleh Stanford University dan Elsevier Report.  Pemeringkatan Top 2% World Ranking Scientist ini dibuat berdasarkan beberapa parameter, yakni jumlah publikasi, menerbitkan setidaknya 5 makalah, jumlah sitasi, H-index, Hm-index yang disesuaikan dengan penulisan bersama, dan sitasi untuk makalah di posisi penulisan yang berbeda.