humas@unida.ac.id 0251-8240773
Kerjasama

Rangkaian Kunjungan di Malaysia, Delegasi UNIDA Lakukan Benchmarking hingga Visiting Lecturer di Universiti Utara Malaysia

Rangkaian delegasi Universitas Djuanda (UNIDA) di Malaysia pada hari kedua, Selasa (11/06/2024) dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan ke Universiti Utara Malaysia (UUM). Agenda kunjungan ini berfokus pada benchmarking tata pamong dan tata kelola perguruan tinggi bertaraf internasional serta visiting lecturer dan international mini seminar colaboration.

 

UUM, yang dikenal dengan slogan "Lovely and Green Campus," memiliki 17 fakultas, 5.000 staf, dan 18.000 mahasiswa. Kunjungan kali ini dilakukan ke College of Law, Government and International Studies (ColGis) UUM. Delegasi UNIDA disambut langsung oleh Assoc. Prof. Sr. Dr. Mohamad Sukeri bin Khalid, Dekan School of Government, UUM ColGIS. Dalam sambutannya, Prof. Sukeri menekankan pentingnya pengembangan pengetahuan bagi akademisi.

 

“Sebagai akademisi, hal terpenting adalah harus selalu meningkatkan pengetahuan setiap waktu. Oleh karena itu, kita harus terus melanjutkan kemitraan untuk saling berbagi ide," tuturnya.

 

Dalam kesempatan ini, Prof. Sukeri juga mengutip kalimat Bung Hamka, yakni hidup ini umpama tenunan, disambung, disulam sehingga akan menjadi kata-kata.

 

“Orang yang takut gagal, maka dia tidak pernah melangkah,” ujarnya.

 

Sambutan lainnya diberikan oleh Prof. Dr. Rusdi bin Omar, Dekan Ghazali Shafie Graduate School of Government. Prof. Rusdi menawarkan kerja sama studi lanjut program S2 dan S3 di UUM, yang dalam hal ini membuka peluang lebih besar bagi keberlanjutan kolaborasi antara UUM dan UNIDA.

 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kuliah tamu, baik dari UUM maupun dari UNIDA. Salah satunya adalah Prof. Dr. Sri Harini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIDA, yang menyampaikan materi tentang "Reducing Turn Over Intention through Commitment Organization, Work-Life Balance, and Emotional Intelligence." Dalam pemaparannya, Prof. Sri menekankan bahwa era global dan kemajuan teknologi informasi berdampak signifikan terhadap mobilitas sumber daya manusia.

 

Mewakili delegasi UNIDA, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dr. Rita Rahmawati, M.Si menyerahkan surat perjanjian kerja sama dan cinderamata sebagai bentuk tanda kerja sama yang akan dilaksanakan. Dalam kesempatan berbincang dengan Prof. Rusdi dan Prof. Sukeri, Dr. Rita Rahmawati, M.Si bersepakat untuk mengadakan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang Law dan Government. Kerja sama ini akan melibatkan seluruh fakultas di lingkungan UNIDA.

“Terdapat beberapa bidang kepakaran yang dapat dikerjasamakan dalam waktu dekat melalui riset dan publikasi bersama. Sehingga kunjungan penguatan kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk UNIDA menuju Unggul melalui peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian di tingkat internasional,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Dekan Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) UNIDA Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., M.C.E menyampaikan bahwa kerja sama ini tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas akademik tetapi juga bertujuan untuk memperluas peran UNIDA di kancah global.

"Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan akan terbentuk sinergi yang kuat antara UNIDA dan institusi mitra, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak serta bagi peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di Indonesia," tutur Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., M.C.E.