humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Selamat! Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I Dilantik Jadi Rektor UNIDA Penggantian Antar Waktu Masa Bakti 2022-2026

Ketua Pembina Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) yang juga merupakan Chancellor Universitas Djuanda (UNIDA) Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H resmi melantik Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I sebagai Rektor Penggantian Antar Waktu (PAW) Masa Bakti 2022-2026. Prosesi pelantikan dilaksanakan pada Kamis (20/6/2024) di Ruang Dekanat Fakultas Hukum (FH) UNIDA. Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat struktural yayasan, para pejabat struktural universitas, dosen, hingga tenaga kependidikan.

 

Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin UNIDA. Ia menjadi Rektor perempuan pertama di UNIDA menggantikan Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D selaku Rektor PAW sebelumnya.

Innalillahi wainnailaihi rajiun. Sesungguhnya kita ini adalah milik Allah, dan semuanya akan kembali hanya kepada Allah. Bismillah, saya terima amanah ini,” ucapnya mengawali sambutan sebagai Rektor UNIDA PAW Masa Bakti 2022-2026. 

 

Dilantiknya Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I diharapkan dapat menguatkan dan mengakselerasi pencapaian UNIDA untuk menjadi perguruan tinggi unggul pada tahun 2025 mendatang.

Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara semua unsur untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Ia juga mengajak seluruh insan UNIDA untuk terus berjuang meraih apa yang dicita-citakan bersama-sama, yakni menggenggam dunia meraih akhirat.

“Saya adalah alumni UNIDA, tentu ini menjadi suatu qadarullah saya mengabdikan diri di kampus tercinta yang menjadi almamater saya. Tinggal bagaimana saya bisa melaksanakan dengan amanah atau tidak. Oleh karena itu, tidak mungkin bisa saya sendiri, semua harus dilakukan bersama, kerja tim,” ungkapnya.

 

Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I kemudian menyampaikan, kunci utama dalam mencapai keberhasilan UNIDA menjadi kampus yang kuat dan unggul ialah dengan komunikasi, delegasi, kolaborasi, budaya organisasi, dan tawakal. Kelima hal tersebut menjadi satu kesatuan penting yang harus dijaga dan diterapkan oleh seluruh insan UNIDA.

Dengan komunikasi yang efektif, setiap unsur di universitas dapat memahami dan menjalankan perannya dengan baik. Delegasi yang tepat akan memastikan bahwa setiap tugas dan tanggung jawab dapat diselesaikan dengan efisien. Kolaborasi antar unit dan antar individu akan mendorong peningkatan kualitas. Budaya organisasi yang kuat akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif. Sementara itu, sikap tawakal akan memberikan kekuatan dan ketenangan dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan.

“UNIDA ini tempat pulang, mari jadikan tempat ini tempat yang baik, yang nyaman. Kita jadikan UNIDA jalan kembali menjadi hamba Allah yang bertaqwa,” ujar Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I.

 

Selanjutnya, turut hadir memberikan pengarahan, Penasihat Yayasan Bidang Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd menyampaikan bahwasanya untuk menjadikan kampus unggul, tidak hanya yang berfokus pada akreditasi, tetapi juga bagaimana kampus menjadi rujukan utama oleh masyarakat.

Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd menekankan pentingnya inovasi dalam proses pembelajaran, peningkatan kualitas penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan berdampak. Ia juga menambahkan bahwa keterlibatan aktif seluruh insan UNIDA dalam menciptakan lingkungan akademis yang kondusif dengan memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa adalah kunci utama dalam mencapai tujuan tersebut.

“Jika kita cermati tadi apa yang disampaikan oleh Rektor yang baru saja dilantik, sebuah sambutan yang menunjukkan bukan hanya kecerdasan berpikir, tetapi kecerdasan imani. Pada saat sambutan dibuka dengan kalimat kerendahan hati bahwa segala sesuatu hanya milik Allah,” tuturnya.

“Saya turut bahagia, UNIDA dipimpin oleh alumninya sendiri. Seorang alumni tidak akan pernah mengkhianati almamater. Mudah-mudahan ibu Rektor bisa menjadi uswah, menjadi role model bagi kita semua. Menjadikan kampus UNIDA ini kebanggaan bagi seluruh lapisan masyarakat, terkhusus bagi mahasiswa yang bangga dengan kampusnya. Budaya ini yang perlu kita bangun bersama,” sambungnya.

 

Sementara itu, Chancellor UNIDA, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menyampaikan bahwa pelantikan ini adalah momen penting untuk mengukuhkan komitmen UNIDA dalam meraih visi menjadi perguruan tinggi unggul pada tahun 2025.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H juga berharap agar kepemimpinan baru ini dapat membawa tranformasi positif melalui berbagai inovasi dan kolaborasi strategis, sehingga UNIDA dapat menjadi pusat pendidikan yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga berperan aktif dalam pembangunan masyarakat dan mencetak lulusan yang berkualitas serta berdaya saing tinggi di tingkat internasional.

“Bersyukur kepada Allah hari ini telah dilantik Rektor UNIDA PAW Masa Bakti 2022-2026. Semoga menjadi amal shaleh, pasang niat baik. Mari kita dukung karena kita adalah kita, jangan pernah mengatakan aku, saya, atau kami. Marilah kita berbuat untuk kita, mari saling memanfaatkan kelebihan dan mengisi kekurangan satu sama lain. Tidak ada kata lebih indah dari berjamaah, saling mendukung dan mendorong menuju UNIDA unggul,” tutur Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H.