Mahasiswa Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam Kelompok 12 Kuliah Keja Nyata Tematik (KKN-T) ikut serta selenggarakan Lomba Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di RT 01/01 Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Kegiatan perlombaan tersebut merupakan agenda rutin di Desa Cipelang, akan tetapi pada peringatan HUT ke-78 RI ini Kelompok 12 KKN-T FAPERTA UNIDA ikut serta menjadi penyelenggara atau panita sehingga menambah kemeriahan perlombaan yang biasa disebut 17 Agustusan tersebut.

Adapun dalam 17 Agustasan tersebut terdapat berbagai macam lomba yang asik dan seru dalam mengisi peringatan HUT ke-78 RI seperti lomba tahan tawa, lomba kempit balon, lomba memasukan paku ke botol dan memindahkan air menggunakan gelas. Selain itu, juga diadakan lomba-lomba tradisional seperti lomba makan kerupuk, kelereng sendok, dan lomba estafet sarung. Dengan dilaksanakannya lomba-lomba tersebut bertujuan untuk ajang memperarat silaturahmi, meningkatkan semangat juang serta meningkatkan jiwa patriotisme.

Ketua RT 01/01 Desa Cipelang, Memed menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan partisipasi KKN-T FAPERTA UNIDA dalam peringatan HUT ke-78 RI di Desa Cipelang ini. Dengan kehadiran mahasiswa, peringatan tahun ini lebih meriah dan tentunya sangat membantu serta bermanfaat bagi masyarakat disini.

Sementara itu, Siti Ai Nurhayati selaku perwakilan dari mahasiswa Kelompok 12 KKN-T FAPERTA UNIDA menyatakan bahwasanya merasa sangat senang  bisa membantu dan bergabung menjadi penyelenggara atau panitia HUT ke-78 RI di desa cipelang ini, selain mendapatkan teman baru tentunya menjadi ajang silaturahmi yang dimana ini menjadi kebahagian tersendiri bagi mahasiswa KKN-T FAPERTA UNIDA.

“Ketika bisa mengikuti lomba bersama ibu-ibu di Desa Cipelang ini, kita diajarkan kekompakan dan kerja sama team. Senyum dan tawa saat proses lomba begitu membahagiakan dan berjalan perlombaan dengan meriah meskipun lomba-lomba yang dilaksanakan sederhana namun sangat berkesan ketika dijalankan dengan semangat para warga,” tuturnya.