Jakarta, 25 Juni 2024 - Pada hari Selasa, mahasiswa Universitas Djuanda (UNIDA) dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) melakukan kunjungan edukatif ke Kompleks Senayan, Gedung DPR/MPR/DPD RI. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang diampu oleh Dr. Muhammad Husein Maruapey, M.Sc.

 



Dalam kunjungan ini, mahasiswa didampingi oleh dua dosen pembimbing, yaitu Dr. Saprudin, S.Sos. M.Si yang mendampingi mahasiswa FIPHAL dan Saepul Anwar, S.Ak. M.Ak yang mendampingi mahasiswa FEB. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan serta memberikan pengalaman berharga dalam mengenal lebih dalam salah satu tempat yang bersejarah dan fundamental di Republik Indonesia.

 

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Nusantara V dan disambut langsung oleh Dra. Anies Mayangsari Muninggar, MM, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR RI. Ibu Anies memberikan pengantar materi seputar wawasan dan sejarah terkait tatanan lembaga tinggi negara di Indonesia. Dalam paparannya, Ibu Anies menjelaskan sejarah berdirinya Gedung DPR/MPR/DPD RI, keanggotaan DPR, MPR, dan DPD, sejarah UUD 1945, serta empat pilar bangsa Indonesia.



 

Dalam kesempatan ini, mahasiswa diberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya lembaga tinggi negara dan peranannya dalam menjaga konstitusi serta nilai-nilai kebangsaan. Selain itu, Ibu Anies juga menyampaikan bahwa ada kesempatan bagi perguruan tinggi yang melakukan kunjungan untuk mendapatkan timbal balik berupa kunjungan dari pihak MPR ke kampus sebagai bentuk evaluasi, serta memperkuat hubungan antara dunia akademisi kampus dengan lembaga MPR RI.



 

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai lembaga-lembaga tinggi negara kepada para mahasiswa, serta memperkuat rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

 

Dokumentasi kegiatan ini juga diabadikan dalam sebuah foto bersama di Gedung DPR/MPR/DPD RI, dengan latar belakang lambang Garuda Pancasila yang ikonik.